Kemenpan RB Buka Kesempatan, Lulusan SMA Bisa Jadi ASN

Kemenpan RB Buka Kesempatan
Kemenpan RB Buka Kesempatan

Padang – Kementerian Pemberdayaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (Kemenpan RB) mengumumkan peluang baru untuk rekrutmen calon Aparatur Sipil Negara (CASN) yang terbuka bagi individu mulai dari lulusan Sekolah Dasar (SD) hingga Sekolah Menengah Atas (SMA).

Langkah ini diatur dalam Surat Keputusan (SK) resmi Kemenpan RB nomor 11 tahun 2024 mengenai Jabatan Pelaksana Aparatur Sipil Negara di berbagai Instansi Pemerintah di tahun 2024.

Dalam SK tersebut, tanggal 11 Januari 2024, Kemenpan RB memberikan kesempatan bagi lulusan SMA untuk bergabung sebagai Aparatur Sipil Negara (ASN) baik sebagai Pegawai Negeri Sipil (PNS) maupun Pegawai Pemerintah dengan Perjanjian Kerja (PPPK) di tahun yang sama.

Pada poin pertama dalam keputusan tersebut, jabatan pelaksana ASN yang disebutkan mencakup posisi klerek, operator, dan teknisi. Klerek sendiri merupakan posisi yang membantu dalam pekerjaan administratif atau kantor.

Dalam konteks keputusan Kemenpan RB ini, disebutkan bahwa ada kesempatan bagi honorer mulai dari lulusan SD hingga SMA untuk mengisi posisi ASN di berbagai instansi pemerintah.

Baca Juga  PT CS2 Pola Sehat (Orang Tua Group) Buka Lowongan Pekerjaan Supervisor QC di Bogor

Untuk honorer lulusan SD, posisi yang tersedia termasuk Pengelola Umum Operasional. Sementara bagi lulusan SMP, ada peluang menjadi Pengelola Cagar Budaya atau bahkan Polisi Cagar Budaya.

Bagi mereka yang lulusan SMA atau setara, pemerintah membuka kesempatan untuk mengisi posisi operator dan pengadministrasi perkantoran di berbagai instansi pemerintah, termasuk di sekolah dan instansi kesehatan.

Pemerintah sedang mengambil langkah-langkah untuk mengatur kembali struktur tenaga honorer di instansi pemerintah pada tahun 2024, sesuai dengan amanat yang tercantum dalam Undang-undang (UU) nomor 20 tahun 2023 tentang Aparatur Sipil Negara.

UU tersebut menetapkan bahwa pemerintah harus menyelesaikan masalah tenaga honorer pada Desember 2024. Setelah itu, perekrutan tenaga honorer tidak lagi diizinkan.

Rekrutmen CASN tahun 2024 ini ditujukan untuk 1,6 juta tenaga honorer yang belum diangkat menjadi ASN, termasuk di antaranya mantan Tenaga Honorer Kategori 2 (THK-2) yang sudah berjalan hingga tahun 2023.

Baca Juga  Pemko Padang Prioritaskan Kesejahteraan Pegawai Non-ASN

Untuk memberikan gambaran lebih lanjut, berikut beberapa jabatan dan kualifikasi pendidikan yang ditawarkan di beberapa instansi:

Kejaksaan Agung

Jabatan: Pengelola Penanganan Perkara
Kualifikasi Pendidikan: SMA atau setara
Kementerian Hukum dan HAM

Jabatan: Penjaga Tahanan, Petugas Pengamanan Kemasyarakatan
Kualifikasi: SMA atau setara
Badan Intelijen Negara

Jabatan: Pengelola Administrasi Intelijen
Kualifikasi: SMA atau setara
Dan seterusnya untuk jabatan-jabatan lainnya dengan kualifikasi pendidikan yang sesuai dengan kebutuhan masing-masing instansi.(des)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *