Menghindari Asma dengan Mengatur Pola Makan, Makanan yang Perlu Diperhatikan

Menghindari Asma
ilustrasi

Jakarta – Ternyata, asma dapat dipengaruhi oleh pola makan. Berikut ini adalah beberapa jenis makanan yang disarankan untuk dihindari oleh penderita asma karena dapat memicu kekambuhan.

Tidak ada satu nutrisi pun yang bisa menyembuhkan asma. Namun, penderita asma tetap harus memperhatikan asupan nutrisi sehari-hari.

Penderita asma disarankan untuk mengonsumsi makanan yang kaya akan gizi seimbang, seperti buah-buahan dan sayuran.

Selain dapat memperburuk asma, makanan juga bisa memicu reaksi alergi. Saat sistem kekebalan tubuh bereaksi berlebihan terhadap makanan tertentu, hal ini dapat memicu asma dalam beberapa kasus.

Berikut adalah beberapa jenis makanan yang sebaiknya dihindari oleh penderita asma:

1. Buah kering

Buah kering, anggur, acar kaleng, udang kering, dan jus kemasan mengandung sulfit, sebuah bahan pengawet yang dapat memperburuk asma pada sebagian penderita.

Menurut Health, sekitar 3-10 persen penderita asma mengalami sensitivitas terhadap sulfit. Selain dalam makanan dan minuman, sulfit juga dapat ditemukan dalam beberapa jenis obat-obatan.

Baca Juga  Tips Mudah Cegah Kedatangan Kecoa di Dapur Anda

2. Gorengan

Konsumsi gorengan dalam jumlah besar dapat memberikan tekanan pada diafragma, terutama jika Anda menderita GERD atau penyakit asam lambung. Hal ini dapat menyebabkan rasa sesak di dada dan memicu serangan asma.

Selain gorengan, beberapa jenis makanan lain juga sebaiknya dikonsumsi dalam porsi terbatas karena tinggi gas.

Menurut Healthline, penderita asma perlu membatasi konsumsi kacang polong, kubis, bawang bombay, bawang putih, dan minuman bersoda.

3. Makanan dengan pewarna dan perisa buatan

Makanan dan minuman yang ditambahkan dengan warna-warni atau perisa tertentu sering kali menarik. Namun, makanan jenis ini dapat memperburuk asma.

Beberapa penderita asma dapat menjadi sensitif atau alergi terhadap bahan-bahan seperti pewarna, perisa buatan, dan pengawet makanan.

4. Daging olahan

Penderita asma sebaiknya mengurangi konsumsi daging olahan seperti sosis dan nugget karena tingginya kandungan lemak dapat memicu peradangan di seluruh tubuh.

Baca Juga  Raja Leopold III Kagumi Masakan Jawa di Den Haag

5. Produk susu

Ada bukti yang menunjukkan bahwa produk susu merupakan salah satu makanan yang harus dihindari oleh penderita asma.

Susu umumnya merupakan alergen yang dapat memicu masalah pernapasan. Meskipun kasus alergi susu jarang terjadi, namun beberapa data menunjukkan bahwa produk susu dapat menyebabkan masalah pada paru-paru.

Produk susu tersebut antara lain susu segar, keju, dan yogurt.(des)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *