Mencicip Kelezatan Urap Latoh, Kuliner Unik Khas Rembang dengan Anggur Laut

Rembang,fajarharapan.id – Latoh merupakan jenis rumput laut khas kota Rembang, yang dipadukan dengan Sambal Docang (Sambal Kelapa). Lebih nikmat dimakan dengan nasi liwet dan tempe hangat.

Makanan urap mungkin sudah tak asing lagi bagi masyarakat Indonesia. Umumnya urap dimasak dengan bahan baku sayur-sayuran seperti Kangkung, wortel, potongan kacang  panjang yang dikukus kemudian dicampur dengan parutan kelapa berbumbu.

Namun di Rembang juga terdapat sebuah kuliner bernama Urap Latoh. Sedikit berbeda dengan urap yang biasanya kita ketahui, kuliner unik khas rembang ini menggunakan sayur anggur laut, atau yang disebut warga setempat sebagai ‘Latoh’.

Baca Juga  Sehari Dibuka, 3 Kandidat Bakal Calon Bupati dan Calon Wakil Bupati Ambil Formulir Pendaftaran di Partai NasDem

Latoh sendiri merupakan jenis rumput laut yang tumbuh di daerah pesisir Kabupaten Rembang. Sayuran ini menjadi hidangan khas khususnya bagi masyarakat Desa Jarakan, Kecamatan Rembang, Kabupaten Rembang, Jawa Tengah.

Urap Latoh

Urap Latoh khas Rembang ini memberikan sensasi unik pada tekstur ketika disantap. Terlebih lagi cita rasa gurih, asin dan nikmat membuat penyantap Urap Latoh semakin ketagihan. 

Tak hanya lezat, anggur laut ini juga kaya akan gizi, zat besi dan protein dalam Latoh bermanfaat sebagai pembentukan hemoglobin sehingga mengurangi risiko anemia, selain itu Latoh juga memiliki kandungan klorofil dan antioksidan yang bermanfaat dalam menangkal radikal bebas. 

Baca Juga  Kapan, Sumani Pembunuh Satu Keluarga di Rembang Dieksekusi Mati? Ini Penjelasannya

Untuk menikmatinya, latoh tidak perlu dimasak. Hanya dicuci hingga bersih dengan air dan dicampurkan ke dalam bumbu urap. Bumbunya terdiri dari bawang putih, cabai keriting, kencur, daun jeruk, terasi dan garam. Latoh yang segar dan sudah dicuci bersih kemudian dicampurkan dengan bumbu urap.

Harganya tergolong murah yaitu sekitar Rp 10.000 rupiah. Bagaimana tertarik untuk mencoba kuliner asal Rembang ini?.(romadi/putra)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *