Bakar Ikan dengan Sempurna: Tips Waktu dan Teknik Membakar yang Benar

Bakar Ikan
Bakar Ikan

Jakarta Membakar ikan merupakan salah satu metode memasak yang populer. Meskipun terlihat sederhana, namun ada beberapa hal yang perlu diperhatikan untuk meraih hasil yang sempurna. Salah satunya adalah memperhatikan waktu yang tepat untuk membakar ikan utuh agar matang merata.

Waktu Ideal Membakar Ikan Utuh

Seberapa lama seharusnya membakar ikan utuh agar matang merata? Jawabannya adalah sekitar 18-22 menit. Dalam rentang waktu tersebut, ikan hanya perlu dibalik satu kali. Artinya, saat membakar ikan, Anda hanya perlu melakukan pembalikan dua kali saja.

Pertama, bakar satu sisi ikan selama 10-12 menit hingga dagingnya berubah warna menjadi putih pekat dan kulitnya memperoleh kecokelatan. Kemudian, setelah satu sisi matang, balik ikan dan masak sisi lainnya selama 8-10 menit. Anda dapat pula meresapkan bumbu pada proses pembakaran agar meresap hingga ke bagian dalam daging.

Baca Juga  Menyelusuri Kelezatan Kuliner Padang, Delapan Destinasi Legendaris yang Wajib Dicoba

Jenis Ikan yang Cocok untuk Dibakar

Beberapa jenis ikan yang cocok untuk dibakar antara lain ikan kakap, gurami, kembung, dan nila.

Tips Membakar Ikan dengan Sempurna

Berikut beberapa tips membakar ikan agar rasanya lezat dan matang merata:

  1. Untuk rasa yang lebih beraroma dan tekstur kering, gunakan pemanggang besi tanpa alas aluminium foil.
  2. Pastikan pemanggang besi bersih, kontrol tingkat panas, dan perhatikan waktu pembakaran agar ikan matang merata tanpa lengket pada pemanggang besi.
  3. Panaskan pemanggang besi sekitar 15 menit sebelumnya agar ikan dapat diangkat dengan mudah tanpa lengket dan kerusakan.
  4. Setelah membersihkan ikan, beri bumbu dan bakar dengan suhu antara 177-230 derajat Celsius.
  5. Pastikan arang tetap panas selama proses pembakaran, namun hindari api besar agar ikan tidak gosong sebelum matang merata.
  6. Tempatkan ikan dengan punggung belakang lebih dekat dengan bara panas saat membakar, karena bagian tersebut lebih tebal dan memerlukan waktu lebih lama untuk matang.
Baca Juga  Sensasi Gurih Pedas! Resep Tahu Crispy Cabai Garam yang Mudah Dicoba di Dapur Anda

Semoga tips mengenai waktu dan teknik membakar ikan ini bermanfaat untuk memastikan sajian bakar ikan Anda sempurna di malam pergantian tahun! (des)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *