Kotim  

Sampit Expo 2024 Berhasil Dorong Pemulihan Ekonomi Daerah dengan Transaksi Rp3 Miliar Lebih

Sampit, fajarharapan.id – Wakil Bupati Kotawaringin Timur, Irawati menutup Sampit Expo 2024 Sabtu (15/6/2024). Tercatat perputaran uang hingga Rp3 miliar lebih.

“Alhamdulillah, perputaran uang yang terjadi selama kegiatan ini cukup bagus,” ujar Irawati.

Sampit Expo, yang merupakan acara tahunan Pemkab Kotim, sempat terhenti selama beberapa tahun akibat pandemi COVID-19. Tahun ini, di bawah kepemimpinan Bupati Halikinnor dan Wakil Bupati Irawati. Acara ini kembali digelar dan berhasil menarik antusiasme masyarakat. Hal ini menandakan pemulihan ekonomi daerah yang mulai membaik.

Irawati menilai bahwa Sampit Expo 2024 telah memberikan dampak positif bagi percepatan pembangunan ekonomi daerah dengan menyediakan platform bagi para pelaku usaha untuk mempromosikan dan memasarkan produk unggulan mereka.

“Setiap stan memamerkan hasil karya UMKM binaan mereka, dan pelaku UMKM bisa memperkenalkan produk mereka, serta memberikan hiburan bagi masyarakat,” tambahnya.

Ia berharap acara ini dapat terus diadakan tanpa hambatan di tahun-tahun mendatang, serta pemulihan ekonomi daerah dapat berlanjut tidak hanya pada saat acara seperti ini, tetapi juga seterusnya. Irawati juga mengucapkan terima kasih kepada semua pihak yang berkontribusi dalam kesuksesan acara ini dan bersyukur karena seluruh rangkaian kegiatan berjalan aman dan lancar.

Baca Juga  Puluhan Warga Sampit Keracunan, Satu Orang Meninggal

Kepala Dinas Koperasi UKM Perindustrian dan Perdagangan Kotim sekaligus Panitia Sampit Expo 2024, Zulhaidir, menjelaskan bahwa tujuan utama acara ini adalah untuk mempromosikan produk unggulan daerah, memperkenalkan potensi ekonomi lokal, serta mempererat hubungan antara pelaku usaha dan masyarakat.

Selain itu, Sampit Expo juga menjadi ajang untuk memperlihatkan capaian kinerja Pemkab Kotim yang diwakili oleh berbagai organisasi perangkat daerah (OPD).

“Kami sangat mengapresiasi seluruh peserta pameran yang telah berpartisipasi dan memeriahkan Sampit Expo tahun ini sehingga acara ini berjalan lancar dan sukses,” kata Zulhaidir.

Sampit Expo 2024 diikuti oleh 115 peserta yang terdiri dari UMKM, perusahaan, instansi pemerintah, dan komunitas kreatif. Meskipun hujan, acara ini tetap menarik sekitar 12.000 pengunjung selama berlangsung.

Baca Juga  Pendapatan Pemkab Kotim 2023 Tidak Mencapai Target, Ini Faktornya

Zulhaidir juga mengungkapkan beberapa capaian dan keberhasilan yang diraih dalam Sampit Expo 2024, termasuk total transaksi mencapai Rp3 miliar, peningkatan perhatian dan minat terhadap produk lokal, serta terjalinnya berbagai kerjasama bisnis. Ia berharap interaksi dan kolaborasi yang terjalin selama pameran dapat berlanjut di masa depan.

“Kami berharap Sampit Expo 2024 dapat memberikan dampak positif bagi perekonomian daerah dan memotivasi UMKM lokal untuk terus berproduksi serta memperluas jaringan usaha mereka,” pungkas Zulhaidir.(audy)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *