Kotim  

Pembangunan Infrastruktur Kalimantan Tengah Diharapkan Merata Seluruh Wilayah

Sampit, fajarharapan.id – Bupati yang diwakili Asisten I Bidang Pemerintahan dan Kesejahteraan Rakyat Setda Kotawaringin Timur, Kalimantan Tengah, Rihel menyatakan, seiring dengan pertambahan usia provinsi ini, pembangunan infrastruktur akan semakin berkembang dan merata di seluruh wilayah.

“Meningkatnya usia Kalimantan Tengah diharapkan akan membawa dampak positif terhadap pembangunan infrastruktur, termasuk jalan-jalan yang mungkin sebagian belum optimal, menjadi lebih baik sesuai kewenangan provinsi,” ujarnya di Sampit, Senin (27/5/2024).

Pernyataan tersebut disampaikan Rihel usai memimpin upacara peringatan Hari Jadi ke-67 Kalimantan Tengah yang juga merayakan Hari Kebangkitan Nasional ke-116 di lingkungan Pemerintah Kabupaten Kotawaringin Timur.

Upacara yang digelar di halaman Kantor Bupati Kotawaringin Timur dihadiri oleh pejabat pemerintah daerah, anggota Forkopimda, tokoh masyarakat, agama, adat, dan undangan lainnya.

Menurut Rihel, pembangunan infrastruktur memegang peran penting dalam mendorong kemajuan suatu daerah serta meningkatkan perekonomian. “Infrastruktur yang baik tidak hanya mendukung mobilitas, tetapi juga berdampak pada berbagai aspek kehidupan. Misalnya, jalan yang baik akan mengurangi biaya transportasi barang dan meningkatkan aksesibilitas ke wilayah tertentu,” jelasnya.

Baca Juga  BPBD Kotim Terima Hibah Kendaraan dan Peralatan Pemadam Senilai Rp6,4 Miliar dari Pemprov Kalteng

Oleh karena itu, di Hari Ulang Tahun ke-67 Kalimantan Tengah, salah satu harapan yang diungkapkan adalah agar pembangunan infrastruktur semakin berkembang, baik di tingkat provinsi maupun kabupaten/kota.

Terlebih lagi, Pendapatan Asli Daerah (PAD) Kalimantan Tengah telah mengalami peningkatan signifikan dalam delapan tahun terakhir, dari Rp3,43 triliun menjadi Rp8,79 triliun, yang dapat mendukung tercapainya visi Kalimantan Tengah yang berbudaya, maju, dan sejahtera sesuai tema perayaan ulang tahun ini.

Sementara itu, dalam amanatnya, Gubernur Kalimantan Tengah, Sugianto Sabran, menekankan pentingnya semangat persatuan dan kesatuan dalam memajukan pembangunan Kalimantan Tengah, sesuai dengan prinsip “huma betang” yang mengedepankan rasa kebersamaan dalam membangun daerah.

Selain itu, Sabran juga menyampaikan sejumlah pencapaian selama masa jabatannya sebagai Gubernur Kalimantan Tengah, termasuk peningkatan Pendapatan Asli Daerah (PAD), opini wajar dari Badan Pemeriksa Keuangan Republik Indonesia (BPK RI) terkait laporan keuangan, pertumbuhan ekonomi, dan prestasi dalam menggelar ajang olahraga dunia seperti UCI MTB World Cup.

Baca Juga  Kabupaten Kotim Fokus Bangun Pustu Baru

Dalam konteks peringatan Hari Kebangkitan Nasional, Rihel menekankan pentingnya pemanfaatan kemajuan teknologi untuk mencapai visi Indonesia Emas 2045, sesuai arahan dari Kementerian Komunikasi dan Informatika Republik Indonesia. Menurutnya, di era transformasi digital, Indonesia memiliki peluang besar yang harus dimanfaatkan dengan bijak, termasuk potensi sumber daya alam, bonus demografi, dan transformasi digital, untuk mewujudkan Indonesia yang lebih baik.(audy)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *