Kotim  

Jelang Idul Adha, DPKP Kotim Periksa Hewan Kurban

Sampit, fajarharapan.id – Dinas Pertanian dan Ketahanan Pangan (DPKP) Kabupaten Kotawaringin Timur (Kotim), Kalimantan Tengah, mengecek hewan kurban menjelang perayaan Hari Raya Idul Adha 1445 H.

Kadis DPKP Kotim diwakili Kepala Bidang Peternakan dan Kesehatan Hewan, Endrayatno, Senin (27/5/2024) menyebutkan, pengecekan hewan kurban ini dimaksudkan untuk memeriksa kondisi sapi dan kambing yang berasal dari luar wilayah tersebut.

“Kegiatan ini merupakan langkah persiapan menyambut Hari Raya Idul Adha, fokus kami adalah memeriksa kondisi sapi dan kambing yang berasal dari luar daerah,” ujarnya.

Endrayatno menyampaikan hal ini saat melakukan inspeksi kesehatan sapi di salah satu peternakan sapi di Jalan Kopi Selatan, Kelurahan Ketapang, Kecamatan Mentawa Baru Ketapang Sampit.

Tujuan dari pengecekan ini adalah untuk menetapkan jumlah sapi, kambing, dan hewan ternak lainnya yang akan tersedia menjelang Hari Raya Idul Adha 1445 Hijriah, yang jatuh pada tanggal 17 Juni 2024.

Baca Juga  KUA-PPAS 2024 Kabupaten Kotawaringin Timur Disepakati dalam Rapat Paripurna DPRD

Berdasarkan data awal, terdapat sekitar 2.785 ekor hewan ternak di Kotim yang berpotensi menjadi hewan kurban pada perayaan Idul Adha 1445 Hijriah. Rinciannya meliputi 2.112 sapi dengan berbagai jenis, seperti sapi bali, madura, limousin, simmental, dan peranakan ongole (PO), serta 660 kambing dan 13 domba.

“Selain memeriksa kesehatan, kami juga melakukan pengecekan terhadap kemungkinan penyakit yang dapat menyerang hewan tersebut. Jika ditemukan masalah, kami akan segera melakukan investigasi serta memberikan pengobatan yang diperlukan,” tambahnya.

Endrayatno menyoroti bahwa hewan ternak yang diimpor dari luar daerah cenderung mengalami stres dan kelelahan, terutama saat proses pengiriman melalui jalur laut yang dapat menghadapi gelombang besar. Stres yang tinggi pada hewan tersebut dapat menyebabkan timbulnya berbagai penyakit.

Baca Juga  Bupati Kotim Bakal Lakukan Mutasi Besar-besaran

Melalui langkah pengecekan awal ini, DPKP Kotim dapat memberikan respons cepat dengan memberikan vitamin atau suplemen yang dibutuhkan oleh hewan ternak agar kembali pulih. Selain itu, kegiatan ini juga dimaksudkan untuk memberikan edukasi kepada para pengepul hewan kurban agar dapat mengurangi stres pada hewan dengan memberikan pakan yang berkualitas.

Langkah pengecekan awal ini juga merupakan bagian dari persiapan untuk pemeriksaan hewan kurban yang dilakukan sebelum dan setelah penyembelihan, yang dikenal sebagai pemeriksaan ante mortem dan post mortem.

“Rencananya, pemeriksaan ante mortem akan dilaksanakan pada tanggal 10-14 Juni mendatang. Ini merupakan kegiatan rutin yang dilakukan setiap menjelang Hari Raya Idul Adha,” tambah Endrayatno.

Tim DPKP Kotim saat ini tengah melakukan pengecekan ke sejumlah peternak sapi untuk mempersiapkan menyambut Hari Raya Idul Adha 1445 Hijriah.(audy)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *