Kotim  

Kotim Sabet Gelar Juara Umum Porprov XII Kalteng

Kotim, juara umum Porprov XII Kalteng
Kotim, juara umum Porprov XII Kalteng

Sampit, fajarharapan.id – Kabupaten Kotawaringin Timur mencatat prestasi luar biasa dalam Pekan Olahraga Provinsi (Porprov) XII Kalimantan Tengah. Dalam acara yang berlangsung di Sampit, kabupaten ini sukses sebagai tuan rumah penyelenggara dan meraih gelar juara umum, mengungguli juara bertahan, Kota Palangka Raya.

Wakil Gubernur Kalimantan Tengah, Edy Pratowo, memberikan selamat kepada Kabupaten Kotawaringin Timur atas prestasinya di Porprov XII Kalteng. Kabupaten ini tak hanya menjadi tuan rumah penyelenggara yang sukses, tetapi juga mengamankan gelar juara umum Porprov, melampaui Kota Palangka Raya yang sebelumnya memegang gelar tersebut.

Prestasi gemilang ini diraih pada penutupan Porprov XII Kalimantan Tengah di Stadion 29 November Sampit, Sabtu malam. Acara Porprov berlangsung dari 26 Juli hingga 5 Agustus 2023 malam. Kabupaten Kotawaringin Timur berhasil menjadi juara umum dengan selisih medali yang signifikan, mengumpulkan 30 medali emas lebih banyak daripada Kota Palangka Raya yang berada di peringkat kedua.

Kabupaten Kotawaringin Barat menduduki peringkat ketiga, diikuti oleh Katingan dan Sukamara. Dalam rapat pleno rekapitulasi perolehan medali pada Sabtu, posisi Kabupaten Kotawaringin Timur sebagai tuan rumah tetap kokoh di puncak perolehan medali.

Baca Juga  Meriahkan Porprov Kalteng 2023, Bupati Kotim Ajak Seluruh Masyarakat dan Dunia Usaha Turut Berpartisipasi

Kabupaten Kotawaringin Timur berhasil mengumpulkan total 319 medali, terdiri dari 113 emas, 88 perak, dan 118 perunggu. Kota Palangka Raya menduduki posisi kedua dengan 263 medali, yang terdiri dari 82 emas, 83 perak, dan 98 perunggu. Sementara itu, Kabupaten Kotawaringin Barat meraih peringkat ketiga dengan 145 medali, meliputi 46 emas, 48 perak, dan 51 perunggu.

Bupati Kotawaringin Timur, Halikinnor, mengucapkan terima kasih atas dukungan Gubernur Sugianto Sabran, Wakil Gubernur Edy Pratowo, dan semua pihak dalam pelaksanaan Porprov. Ia juga menyatakan kebanggaan atas kerja keras panitia dan dukungan semua pihak dalam kesuksesan acara ini.

Halikinnor mengakui kebanggaannya atas kesuksesan ini bagi pemerintah daerah dan masyarakat. Ia berterima kasih kepada atlet, pelatih, dan pendamping yang bekerja keras dalam kompetisi ini.

Ketua Komite Olahraga Nasional Indonesia (KONI) Kabupaten Kotawaringin Timur, Ahyar Umar, berterima kasih atas kerja keras panitia yang membuat acara ini sukses. Ini merupakan prestasi luar biasa, karena Kabupaten Kotawaringin Timur berhasil menjadi tuan rumah dan juara umum Porprov untuk pertama kalinya. Gelar juara umum sebelumnya selalu diraih oleh Kota Palangka Raya.

Baca Juga  Revitalisasi Infrastruktur, Bupati Kotim Fokus Perbaikan Jalan Demi Masyarakat

Acara penutupan Porprov XII Kalimantan Tengah berlangsung meriah, dengan pertunjukan barongsai dan penampilan penyanyi dangdut ibu kota yang memikat masyarakat yang memadati stadion.

Edy Pratowo mengungkapkan rencana untuk lebih lanjut membina atlet yang meraih prestasi di Porprov ini, untuk menghadapi Pra PON dan PON. Ia optimis bahwa Kotawaringin Timur memiliki potensi untuk berprestasi tidak hanya di tingkat nasional, tetapi juga di tingkat internasional.

Bupati Halikinnor menekankan pentingnya kerja sama dan dukungan dari semua pihak dalam mewujudkan kesuksesan Porprov XII Kalimantan Tengah. Ia merasa bangga atas solidaritas panitia dan dukungan dari berbagai pihak yang berperan dalam kesuksesan acara tersebut. (audy)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *