Kotim  

Perpanjang Masa Tenaga Kontrak, Pemkab Kotim Dapat Izin dari Pusat

Bupati Kotim, H. Halikinnor
Bupati Kotim, H. Halikinnor

Sampit, fajarharapan.id Bupati Kotawaringin Timur, Kalimantan Tengah, H. Halikinnor, dengan rasa syukur mengumumkan bahwa pemerintah pusat telah memberikan izin kepada pemerintah daerah untuk memperpanjang kontrak pegawai berstatus tenaga kontrak sesuai kebutuhan.

“Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (Kemenpan RB) yang memberikan kami izin untuk mempertahankan pegawai kontrak. Meskipun masa kontrak seharusnya berakhir pada 23 November 2023, surat tersebut memberi arahan agar kami dapat memperpanjang kontrak mereka,” ujar Bupati Halikinnor.

Pada awalnya, perintah penghapusan pegawai honorer tertuang dalam Peraturan Pemerintah (PP) 49/2018 tentang Manajemen Pegawai Pemerintah dengan Perjanjian Kerja, yang menetapkan bahwa masa kerja pegawai honorer akan berakhir pada 28 November 2023.

Bupati Halikinnor dengan tegas mendukung keputusan ini dan menekankan komitmennya untuk mempertahankan pegawai berstatus tenaga kontrak sesuai kebutuhan. Selain pernyataan lisan, sikap ini juga didukung oleh video pernyataan dan saran yang telah disampaikan kepada pemerintah pusat.

Baca Juga  Bupati Kotim; "Ingat.. Jangan Tebang Pohon Sembarangan"

Bupati menjelaskan bahwa pendekatan ini didasarkan pada keprihatinan terhadap dampak terhadap pelayanan publik jika hampir separuh pegawai daerah harus diberhentikan. Oleh karena itu, dia memprioritaskan agar pegawai kontrak di bidang kesehatan dan pendidikan tetap dapat bekerja, karena kedua bidang tersebut termasuk dalam urusan wajib yang harus berjalan dengan baik.

Bupati Halikinnor menegaskan bahwa penerimaan pegawai kontrak di instansi atau kecamatan yang bersifat teknis akan melalui penilaian dan tes kompetensi. Dia juga menyoroti pentingnya efisiensi dalam memperpanjang kontrak pegawai hanya jika benar-benar diperlukan dan dapat diakomodasi dalam anggaran daerah.

Baca Juga  Pemkab Kotim Naikkan Siltap Kades dan Perangkat Awal 2023

Beberapa pegawai kontrak juga telah lolos seleksi dan diangkat menjadi Pegawai Pemerintah dengan Perjanjian Kerja.

Bupati Halikinnor juga menambahkan bahwa dirinya telah berkomunikasi langsung dengan Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (PANRB) Abdullah Azwar Anas mengenai masalah ini. Dia merasa bersyukur dapat bertemu dengan Menteri tersebut dalam sebuah acara, karena keduanya berasal dari partai politik yang sama.

Pendekatan yang diambil oleh Bupati Halikinnor mencerminkan komitmennya untuk memastikan pelayanan publik tetap berjalan lancar sambil tetap memperhatikan keberlanjutan keuangan daerah. Dengan memperpanjang kontrak pegawai sesuai kebutuhan, diharapkan pelayanan kepada masyarakat dapat terus ditingkatkan. (Audy)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *