Kotim  

Nur Mentaya Expo Bagian dari Porprov Kalteng 2023, Bupati; Dorong Pemberdayaan UMKM

Bupati H. Halikinnor
Bupati H. Halikinnor

Sampit – Pelaksanaan Nur Mentaya Expo 2023 yang diselenggarakan oleh Pemuda Kotim telah memberikan semangat pada Pekan Olahraga Provinsi (Porprov) XII Kalimantan Tengah (Kalteng) di Kota Sampit.

Bupati Kotawaringin Timur (Kotim), Halikinnor, memberikan dukungannya terhadap kegiatan tersebut. Menurutnya, acara Nur Mentaya Expo sangat positif dan sejalan dengan upaya pemerintah daerah untuk memberdayakan dan mempromosikan pelaku Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah (UMKM) di Kotim.

“Ini adalah salah satu upaya untuk mendorong pemberdayaan UMKM kita. Kami ingin ada acara seperti bazaar atau expo bagi pelaku UMKM selama Porprov Kalteng nanti, oleh karena itu saya menyetujui penyelenggaraan Nur Mentaya Expo 2023,” kata Halikinnor pada Kamis (13/07/2023).

Bupati Kotim ini mengungkapkan bahwa diperkirakan akan ada sekitar 10 ribu orang yang datang ke Kotim dalam rangka Porprov Kalteng 2023, baik sebagai atlet, pendamping, atau penonton. Dengan jumlah yang begitu besar ini, mereka tentu mengharapkan adanya hiburan dan mungkin tempat untuk membeli oleh-oleh atau suvenir yang dapat mereka kunjungi selama Porprov Kalteng 2023 di Sampit.

Baca Juga  Penerbangan Palangka Raya dan Pangkalan Bun Dibuka, Bupati Kotim Beri Apresiasi

Hal ini menjadi kesempatan bagi pelaku UMKM lokal di Kotim, yang jumlahnya juga cukup banyak, untuk mempromosikan dan memasarkan produk unggulan mereka.

“Kami ingin Porprov ini memberikan dampak positif bagi perekonomian di wilayah ini, UMKM dapat bangkit dan tamu yang datang dapat berbelanja sambil terhibur,” tambahnya.

Bupati menanggapi adanya pro dan kontra terkait penyelenggaraan Nur Mentaya Expo 2023, ia menganggap hal tersebut wajar. Malahan, dengan adanya perdebatan ini, pihak panitia harus lebih berhati-hati dalam menyusun acara.

Baca Juga  Di Sampit Stok Beras Cukup Hingga Idul Fitri

Halikinnor juga menyarankan agar panitia berkoordinasi dengan pihak-pihak terkait untuk mengatasi kontra, seperti masalah parkir, dengan baik sehingga acara dapat berjalan lancar.

“Pro dan kontra adalah hal yang biasa, oleh karena itu diperlukan perencanaan yang matang agar kekhawatiran masyarakat tidak terjadi,” pungkasnya.

Nur Mentaya Expo 2023 merupakan acara hiburan yang melibatkan bazaar UMKM, pasar rakyat, dan pameran. Acara ini akan berlangsung pada 26 Juli hingga 05 Agustus 2023, bersamaan dengan Porprov Kalteng 2023. Tempat pelaksanaannya berlokasi di Jalan Tjilik Riwut Km 4,5 Kota Sampit, dekat Puskesmas Baamang 2. (audy)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *