Kotim  

Krematorium Pertama di Kalimantan Tengah Diresmikan oleh Bupati Kotim

Bupati Kotawaringin Timur (Kotim) H. Halikinnor menandatangani tanda diresmikannya krematorium di Komplek Makam Perkumpulan Sosial Bakti, Kelurahan Pasir Putih, Jumat 16 Juli 2023.
Bupati Kotawaringin Timur (Kotim) H. Halikinnor menandatangani tanda diresmikannya krematorium di Komplek Makam Perkumpulan Sosial Bakti, Kelurahan Pasir Putih, Jumat 16 Juli 2023.

Sampit – Bupati Kotawaringin Timur (Kotim), H. Halikinnor, meresmikan krematorium yang terletak di Komplek Makam Perkumpulan Sosial Bakti, Kelurahan Pasir Putih, Kecamatan Mentawa Baru Ketapang, Sampit. Krematorium ini menjadi yang pertama dan satu-satunya di Kalimantan Tengah.

“Dengan adanya krematorium ini, merupakan kebanggaan bagi kita,” ujar Halikin saat meresmikan krematorium pada Jumat, 16 Juni 2023.

Halikinor memberikan apresiasi khusus kepada Yayasan Perkumpulan Sosial Bakti Sampit dan warga Tionghoa yang telah berperan serta dalam membangun krematorium ini.

Halikin berharap bahwa krematorium ini akan dimanfaatkan dengan baik, mengingat sebelumnya masyarakat harus pergi ke daerah lain untuk melakukan kremasi jenazah.

Baca Juga  Sukses Porprov Kalteng XII di Sampit, Kotim Siap Jadi Tuan Rumah Kejuaraan Nasional

“Terutama bagi warga Tionghoa, mereka dapat memanfaatkan fasilitas krematorium ini untuk melakukan proses kremasi sesuai dengan keyakinan mereka,” tutupnya.

Kepala Yayasan Perkumpulan Sosial Bakti Sampit, Budiman, menyampaikan terima kasih kepada Pemerintah Kabupaten Kotawaringin Timur dan DPRD setempat atas dukungan dan kerja sama dalam pembangunan krematorium ini. Proyek ini berhasil direalisasikan berkat hibah dana aspirasi dari anggota DPRD daerah pemilihan Mentawa Baru Ketapang yang disalurkan melalui bagian kesra Pemkab Kotim.

Koteng, panggilan akrab Budiman, mengungkapkan bahwa keberadaan krematorium telah lama dinantikan, namun baru dapat terealisasikan di masa pemerintahan Harati. Pembangunan dimulai pada April 2021 dan sekarang telah diresmikan dengan penandatanganan prasasti oleh Halikinnor. (audy)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *