Kotim  

Bupati Kotim Minta Percepatan Program Pembangunan untuk Mencapai Target

H. Halikinnor menyalami pejabat dan stafnya.
H. Halikinnor menyalami pejabat dan stafnya.

Sampit – Bupati Kabupaten Kotawaringin Timur (Kotim) H. Halikinnor meminta semua Satuan Organisasi Perangkat Daerah (SOPD) untuk melakukan percepatan pelaksanaan program pembangunan karena hingga triwulan kedua realisasi program masih belum mencapai target.

Dalam rapat koordinasi pengendalian dan evaluasi kegiatan pembangunan triwulan II tahun 2023, Bupati Halikinnor menyoroti capaian yang masih di bawah target. Menurutnya, realisasi pendapatan dan belanja daerah masih belum mencapai angka yang diharapkan.

Ia menekankan bahwa pada triwulan kedua seharusnya telah terealisasi sebesar 50 persen atau lebih. Namun, hingga saat ini penyerapan Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah (APBD) Kabupaten Kotim baru mencapai 39,06 persen, sedangkan realisasi fisik sebesar 40,82 persen.

Halikinnor juga mencatat bahwa serapan belanja modal dan serapan anggaran DAK fisik dan DAK non fisik masih rendah. Serapan belanja modal hanya mencapai 15,18 persen dari pagu yang ditetapkan, sedangkan serapan anggaran DAK baru mencapai 1 persen dari pagu yang telah ditetapkan. Selain itu, progress pelaksanaan pengadaan barang dan jasa juga belum optimal, dengan masih terdapat 3.824 paket yang belum dilaksanakan dari rencana sebanyak 4.547 paket.

Baca Juga  Perhatian Bupati Kotim Terhadap Tumpukan Sampah, Pemkab akan Sediakan Mesin Pencacah

Bupati Halikinnor menyoroti serius masalah pencapaian tersebut dan berencana untuk melakukan evaluasi. Ia berharap agar pelaksanaan program pembangunan dapat diperbaiki pada tahun depan dengan menetapkan target yang lebih rasional. Ia juga menekankan pentingnya melaksanakan lelang lebih awal, bahkan sejak bulan Desember, agar pelaksanaan program dapat dimulai tepat waktu pada bulan Januari.

Baca Juga  Landasan Pacu Bandara H Asan Sampit Diperpanjang Tiga Kali Lipat, Bisa Tampung Pesawat Airbus

Dengan adanya penekanan dan evaluasi yang dilakukan oleh Bupati Halikinnor, diharapkan bahwa percepatan pelaksanaan program pembangunan akan dilakukan oleh semua SOPD demi mencapai target yang telah ditetapkan. Upaya ini diharapkan dapat meningkatkan realisasi pendapatan dan belanja daerah serta memastikan kelancaran program pembangunan di Kabupaten Kotawaringin Timur.(audy)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *