Kotim  

Pemerintah Kotawaringin Timur Gandeng Universitas Brawijaya Malang untuk Evaluasi Program Pembangunan Daerah

H. Halikinnor
H. Halikinnor

Sampit – Pemerintah Kabupaten Kotawaringin Timur, Kalimantan Tengah, bekerja sama dengan Tim Badan Usaha Kepakaran Universitas Brawijaya Malang dalam melakukan pendataan dan evaluasi capaian program prioritas pembangunan daerah setempat. Hal ini dilakukan dalam rangka meningkatkan efektivitas pembangunan dan memastikan bahwa program-program tersebut mencapai target yang diharapkan.

Bupati Kotawaringin Timur, Halikinnor, mengungkapkan kepuasannya terhadap aplikasi yang telah dikembangkan. Namun, ia juga meminta agar aplikasi tersebut dapat diperbaiki agar tidak hanya menghasilkan data, tetapi juga analisis tentang kekurangan yang ada, sehingga dapat menjadi dasar untuk pembuatan kebijakan yang lebih baik.

Pada seminar laporan akhir profiling rencana dan capaian pembangunan Kabupaten Kotawaringin Timur tahun 2021-2024, Halikinnor mendengarkan paparan dari Tim Badan Usaha Kepakaran Universitas Brawijaya Malang yang menjelaskan tentang pendataan target dan capaian program prioritas menggunakan aplikasi data prioritas dan capaian pembangunan Kabupaten Kotawaringin Timur.

Meskipun aplikasi ini dinilai bagus, Halikinnor meminta agar aplikasi tersebut dapat disesuaikan dengan kebutuhan pemerintah daerah. Ia berharap aplikasi tersebut dapat memberikan informasi mengenai kekurangan atau penyebab program yang kurang optimal, sehingga dapat dijadikan solusi dalam pembuatan kebijakan, seperti penanganan banjir yang belum optimal.

Halikinnor menekankan bahwa pembangunan merupakan suatu proses perubahan yang melibatkan berbagai aspek. Infrastruktur menjadi salah satu komponen penting dalam pembangunan. Oleh karena itu, dengan adanya pendataan dan evaluasi yang dilakukan, diharapkan dapat terjadi perbaikan dan pengembangan infrastruktur yang lebih efektif.

Baca Juga  KUA-PPAS 2024 Kabupaten Kotawaringin Timur Disepakati dalam Rapat Paripurna DPRD

Melalui undang-undang tentang pemerintahan daerah, pemerintah daerah diberikan kewenangan untuk mengelola keuangan daerah secara mandiri dan mendorong terciptanya pemerintahan daerah yang lebih efektif dan efisien. Perencanaan pembangunan daerah dilakukan dengan tujuan meningkatkan kesejahteraan masyarakat melalui peningkatan pelayanan, pemberdayaan, partisipasi masyarakat, dan daya saing wilayah.

Proses profiling rencana dan capaian pembangunan dilakukan untuk memetakan kondisi dan situasi pembangunan dalam kurun waktu tertentu, sehingga dapat dievaluasi dan dilakukan intervensi yang diperlukan. Dalam hal ini, hasil dari kegiatan ini diharapkan dapat menghasilkan dokumen yang memuat profil rencana pembangunan dan capaian Kabupaten Kotawaringin Timur untuk periode tiga tahun, yaitu dari tahun 2021 hingga 2024.

Bupati Kotawaringin Timur menegaskan bahwa capaian pembangunan akan difokuskan pada lima prioritas utama, yaitu infrastruktur, sumber daya manusia, penguatan ekonomi, reformasi birokrasi, dan terwujudnya Kotawaringin Timur yang nyaman, berkelanjutan, berbudaya, dan religius. Pencapaian kelima prioritas tersebut akan dibandingkan dengan target yang telah ditetapkan berdasarkan indikator kinerja utama (IKU).

Baca Juga  Kotim Terima Penghargaan Kemenkes karena Berhasil Menjadi Daerah Bebas Frambusia

Untuk melaksanakan evaluasi ini, data pencapaian tahun 2022 akan digunakan sebagai data dasar atau baseline untuk analisis prakiraan. Setelah melakukan analisis, target tahunan yang dihasilkan akan menjadi acuan untuk merumuskan strategi dan rekomendasi yang akan dituangkan dalam bentuk roadmap.

Halikinnor berharap seluruh perangkat daerah dapat berperan aktif dengan memberikan pendapat, saran, dan masukan yang konstruktif. Dengan kerjasama semua pihak, diharapkan dapat menghasilkan perencanaan strategis dan program pembangunan yang lebih baik di masa depan. Dokumen ini juga akan menjadi acuan dalam penyusunan rencana pembangunan jangka panjang daerah (RPJPD) tahun 2025-2045 dan RPJMD tahun 2025-2030.

Tim Badan Usaha Kepakaran Universitas Brawijaya Malang, yang berperan dalam pendataan dan evaluasi ini, berkomitmen untuk mendukung pemerintah Kabupaten Kotawaringin Timur dalam mengembangkan infrastruktur dan mencapai tujuan pembangunan yang telah ditetapkan. (audy)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *