Pemko Pariaman Lakukan Periksa Kesehatan 800 Ekor Hewan Kurban Layak Disembelih

Kota Pariaman – Menjelang Hari Raya Idul Adha 2024/1445 H, Pemerintah Kota (Pemko) Pariaman melalui Dinas Pertanian, Pangan dan Perikanan (DPPP) melakukan pemeriksaan kesehatan hewan Qurban se-Kota Pariaman.

Kepala DPPP diwakili Bidang (Kabid) Peternakan dan Kesehatan Hewan Marini Jamal kepada Tim Media Center Dinas Kominfo, Kamis (13/6/2024) mengatakan, saat ini, sebanyak 800 ekor sapi jantan disiapkan untuk meyambut Hari Raya Idul Adha dalam Kota Pariaman.

“Kami bersama Tim Medik dan Paramedik telah melakukan pemeriksaan kesehatan hewan Qurban untuk memastikan sehat dan layak disembelih pada Hari Raya Idul Adha 1445 H” ujarnya .

Untuk menjamin kelayakan hewan Qurban ini, sebut Marini Jamal, Dinas PPP Kota Pariaman sudah melakukan cek kesehatan hewan sejak tanggal 27 Mei sampai  7 Juni 2024 lalu.

Baca Juga  Penyelamatan Eks KRI Teluk Bone 511 Alat Berat Beroperasi Buat Kanal

“Cek kelayakan sudah jalan, seluruh sapi rutin di cek untuk menghadapi Idul Adha. Kami selalu melakukan cek kesehatan hewan bersama Tim. Tim ini yang akan menentukan layak tidaknya hewan tersebut. Itu ditandai dengan menempel tag di telinga sapi,” jelasnya.

Marini Jamal menerangkan, pemeriksaan yang kita lakukan tentang kesehatan fisik calon sapi Qurban. Terutama mencakup umur hewan ternak, serta sosialisasi kesehatan hewan.

“Selain itu, kita juga melakukan pemberian vitamin ke calon sapi Qurban, pemasangan label hewan layak sembelih dan pemberian Surat Keterangan Kesehatan Hewan untuk 800 ekor ternak sapi jantan calon Qurban”, ulasnya.

Dia menambahkan, terkait penyakit mulut dan kuku (PMK), pada tahun 2024 ini belum ada laporan hewan yang terjangkit. Sehingga hewan Qurban yang sudah kita periksa, maka layak dipotong pada Hari Raya Idul Adha nanti.

Baca Juga  PJ Walikota Roberia ; Tidak Ada Setetes Darah Jatuh di Bumi Pariaman Hanya Memilih Pemimpin

“Kami juga menghimbau kepada peternak hewan, agar menjaga kebersihan kandang dan hewan ternak. Sekaligus dengan memperhatikan pakan hewan yang cukup dan berkualitas, serta pemberian vitamin dan mineral”, tutupnya. (mc/ssc).

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *