Pj Wako Roberia Pimpin Upacara Harlah Pancasila Tahun 2024 Tingkat Kota Pariaman

Kota Pariaman – Penjabat (Pj) Wali Kota Pariaman Roberia memimpin upacara Hari Lahir (Harlah) Pancasila Tahun 2024. Upacara yang diikuti seluruh ASN dilingkungan Pemerintah Kota (Pemko) Pariaman berlangsung khidmat di Halaman Balaikota, Sabtu (1/6/2024).

Dalam sambutannya, Roberia membacakan pidato Kepala Badan Pembinaan Ideologi Pancasila Republik Indonesia Yudian Wahyudi.

”Peringatan Hari Lahir Pancasila Tahun 2024 ini mengambil tema “Pancasila Jiwa Pemersatu Bangsa Menuju Indonesia Emas 2045”. Tema ini mengandung maksud, Pancasila menyatukan kita dengan segala perbedaan suku, agama, budaya, dan bahasa dalam menyongsong 100 tahun Indonesia Emas yang maju, mandiri dan berdaulat” ungkapnya.

Yudian Wahyudi menjelaskan keberadaan Pancasila merupakan anugerah dari Tuhan Yang Maha Esa untuk bangsa Indonesia.

Karena, sambung dia, di dalam Pancasila terkandung nilai-nilai luhur yang menjunjung tinggi nilai-nilai inklusivitas, toleransi, dan gotong royong. Keberagaman yang ada, merupakan berkat yang dirajut dalam identitas nasional “Bhinneka Tunggal Ika”.

Baca Juga  Kota Pariaman Punya 5.686 PKM ; Pj Walikota Roberia Salurkan Beras BAPANAS

Ia tegaskan komponen bangsa di mana pun berada untuk bahu membahu membumikan nilai-nilai Pancasila ke dalam setiap aspek kehidupan bermasyarakat, berbangsa, dan bernegara.

Sebagai meja statis, menurut Yudian, Pancasila terbukti mampu mempersatukan kita dalam menghadapi beragam gelombang tantangan dan ujian sejarah. Sehingga sampai dengan saat ini Indonesia tetap berdiri kokoh dan tangguh sebagai bangsa yang besar.

“Sedangkan sebagai leitstar dinamis, Pancasila merupakan bintang penuntun yang membawa Indonesia pada gerbang kemajuan dan kemakmuran di era globalisasi teknologi dan informasi sekarang ini” terang Yudian.

Mengakhiri pidatonya, Yudian mengajak seluruh komponen bangsa untuk bersama-sama bergotong royong merawat anugerah Pancasila melalui peringatan Hari Lahir Pancasila 1 Juni.

Ia menegaskan, kita harus bekerja sama dan berkolaborasi menjaga kerukunan demi keutuhan sebagai wujud pengamalan nilai-nilai Pancasila.

“Semoga peringatan Hari Lahir Pancasila ini dapat memompa semangat kita semua untuk terus mengamalkan Pancasila demi Indonesia yang maju, adil, makmur, dan berwibawa di kancah dunia, ” tutupnya.

Baca Juga  Jalan Santai Cimparuah Membludak, Minggu Depan Kota Pariaman Kembali Laksanakan CFD

Upacara Harlah Pancasila ini diikuti Sekdako Yota Balad, Forkopimda Kota Pariaman, Asisten, Staf Ahli, Kepala OPD dilingkungan Pemko Pariaman, TP PKK Kota Pariaman, ASN dilingkungan Pemko Pariaman dan beberapa organisasi yang ada dilingkungan Pemko Pariaman.(mc/ssc)..

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *