Pemko Pariaman Gandeng Lantamal II Padang Buat Kanal Evakuasi Eks KRI Teluk Bone 511

Kota Pariaman – Pemerintah Kota (Pemko)  Pariaman gandeng Pangkalan Utama TNI Angkatan Laut (Lantamal) II Padang mengevakuasi Eks KRI Teluk Bone 511.

KRI Teluk Bone 511 merupakan Kapal Perang Amerika Serikat USS Iredell County (LST-839) dibuat di galangan kapal American Bridge Company, Ambridge, Pennsylvania, Amerika Serikat, 25 September 1944 silam.

Kini, Eks KRI Teluk Bone 511 telah dihibahkan Kementerian Pertahanan RI kepada Pemko Pariaman sejak 2023 lalu.

PJ Walikota Pariaman Roberia mengatakan masalah Eks KRI Teluk Bone 511 yang telah berada di Pariaman ini kita serahkan kepada ahlinya Danlantamal II Padang.

“Ini luar biasa, kalau suatu pekerjaan diserahkan kepada ahlinya, masalah Eks KRI Teluk Bone 511 ini. Pihak Danlantamal II Padang dengan kerendahan hati dan semangat turut menyelamatkan kapal perang ini. Kami di Pemko Pariaman sangat terbantu,” ujar Pj Walikota Roberia, ketika menerima kunjungan Komandan Lantamal II Padang, Laksamana Pertama TNI Syufenri di lokasi Eks KRI Teluk Bone 511, Talao Pauh, Kota Pariaman, Jum’at (3/5/2024).

Roberia yang di dampingi Ketua DPRD Harpen Agus Bulyandi juga mengucapkan terimakasih kepada Jenderal Bintang satu di Lantamal II Padang beserta jajarannya. Karena, telah bersedia untuk bekerjasama dengan Pemko Pariaman terkait penyelamatan Eks KRI Teluk Bone.

Baca Juga  Anak Stunting di Kota Pariaman Sudah Punya BAAS

Sebab, kata Roberia, Eks KRI Teluk Bone 511 yang merupakan satu-satunya di Indonesia yang akan dijadikan Museum Bahari sebagai destinasi wisata bahari di Kota Pariaman nantinya  Juga, Eks Kapal perang sepanjang 100 M tersebut, sudah berada di tepi pantai Kawasan Talao Park Front City.

“Untuk anggaran pembangunan perbaikan kapal memang belum ada di APBD. Yang ada hanya pembuatan kanal untuk bersandarnya kapal ini. Dengan uang yang tersedia tersebut, maka kita upayakan untuk maksimal dapat dapat pelaksanaannya”  terang Roberia.

Ia menyebut tentang pengelolaan dananya bukan sistem kontrak, tetapi swakelola. Sehingga kita akan berupaya bersama dengan seluruh stakeholder dan jajaran Pemko Pariaman, untuk membantu tugas Lantamal II Padang ini.

Sementara itu Komandan Lantamal II Padang, Laksamana Pertama TNI Syufenri, menegaskan pihaknya akan berupaya bersama jajaran yang ada di Lantamal II Padang, agar bisa mengevakuasi Eks KRI Teluk Bone 511 ini. Karena, telah banyak membantu tugas AL Indonesia.

Baca Juga  Pemko Pariaman Giat Dampingi KWT Desa dan Kelurahan Wujudkan Ketahanan Pangan Keluarga

“Dengan sejarah panjang dari kapal perang buatan Amerika ini, kita berupaya agar kapal ini dapat di evakuasi di tempat yang telah ada saat ini. Kedudukan kapal yang permanen dan tidak berubah lagi. Sehingga dapat termanfaatkan dengan baik,” jelasnya.

Danlantamal II Padang yang datang bersama dengan seluruh jajaran Lantamal II Padang berharap, kerjasama antara Pemko Pariaman dan instansi yang di pimpinnya agar dapat terus berjalan.

“Apa yang dicita-citakan dari kehadiran kapal ini, agar dapat terwujud sebagai destinasi wisata baru di Kota yang terkenal dengan pesta Budaya Tabuik nya ini” harap dia. (mc/ssc).

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *