Warga Kota Padati Lapangan Merdeka Pariaman Laksanakan Shalat Idul Fitri 1445 H/2024 M

Kota Pariaman – Ribuan warga masyarakat tumpah untuk melaksanakan shalat idul fitri 1445 H/2024 M di Lapangan Merdeka Pariaman, Rabu (10/4/2024).

Pelaksanaan shalat ied yang diselenggarakan Pemerintah Kota (Pemko) Pariaman di Lapangan Merdeka ini, merupakan tahun ketiga sejak tahun 2022 lalu.

PJ Walikota Roberia menyebut, sesuai dengan sidang isbat yang dilakukan  Pemerintah pada Selasa kemarin, maka pada hari ini, Rabu kita secara serentak melaksanakan Shalat Idul Fitri 1445 Hijriah.

“Dan kami merasa berbahagia, melihat antusiasme masyarakat untuk melaksanakan sholat Ied di lapangan merdeka pariaman ini,” ujar Roberia.

Dia jelaskan, kemaren kita sudah melewati bulan Ramadhan. Banyak hal dan hikmah yang kita dapatkan dari perjuangan kita berpuasa selama sebulan penuh.

“Alangkah indah dan bahagianya kita, jika telah menjadi pribadi yang bertakwa, ikhlas dalam menjalankan ketaatan. Dan, selalu bersabar, juga mampu menjaga lisan” tuturnya.

Ia menegaskan, tidak membalas keburukan dengan keburukan. Terpenting, kita harus menjaga persatuan dan kebersamaan sesama dengan senantiasa menyambung silaturahim.

Kegiatan shalat Idul Fitri ini di pimpin dengan Imam Yahya S.Ag, dan bertindak sebagai Khatib adalah Dr.H.Muhammad Nur, MA yang membahas materi khutbah berjudul “Aktualisasi Nilai-Nilai Ramadhan Siap Dipimpin dan Memimpin”.

Baca Juga  Antusiasme Tinggi: 50 Ribu Peserta Ikuti Jalan Sehat Gebu Minang di Pariaman

Pada prinsipnya, Muhammad Nur menguraikan ada tiga item yang terkandung dalam kegiatan ibadah bulan ramadhan. Yakni nilai-nilai ketauhidan yang berkaitan langsung kepada Allaah, nilai-nilai kemanusian yang bersentuhan tentang kepedulian buat sesama, ketiga nilai-nilai empati kepada kedua orang tua, anak yatim dan kerabat.

Dia menambahkan, berikan perhatian dan dukungan kepada kedua orang tua kita, anak yatim dan mereka yang kurang beruntung. Sehingga kita akan mampu membangun masyarakat yang lebih berempati, adil, dan harmonis.

“Semoga nilai-nilai suci Ramadhan senantiasa menginspirasi setiap langkah kita dalam menjalani kehidupan sehari-hari. Dan, terjauh dari golongan orang yang hina disisi Allah” harap Muhammad Nur.

Sebelumnya, Ketua Panitia Hari Besar Islam (PHBI) Kota Pariaman Yota Balad melaporkan tentang kegiatan PHBI sejak dari pelaksanaan Takbiran Keliling Kota Pariaman yang di lepas PJ Walikota di Halaman Balaikota, Selasa malam.

“Walaupun di guyur hujan lebat dalam Takbiran Keliling, tak menjadi hambatan dalam pelaksanaan hingga selesai. Tidak ada menemui kendala, berjalan tertib, lancar dan aman” ucap Yota Balad.

Dan, pada pagi hari ini Rabu, sambung Yota Balad yang juga Sekdako Pariaman, kita melaksanakan shalat Idul Fitri 1445 H di Lapangan Merdeka ini.

Baca Juga  Kota Pariaman ; Hampir Semua Fasilitas Pelayanan Kesehatan Terakreditasi Paripurna 2023

“Kami atas nama Pengurus PHBI Kota Pariaman yang juga Sekdako, dan keluarga dengan ini mengucapkan selamat hari raya idul Fitri, 1 Syawal 1445 H, maaf lahir bathin kepada warga kota dan jajaran ASN di lingkungan Pemko Pariaman” kata Yota Balad.

Dalam shalat idul fitri terlihat, ikut Ketua DPRD Harpen Agus Bulyandi, Perwakilan Forkopimda, Kakankemenag Rinalfi, Sekdako Yota Balad, Asisten, Staf Ahli, Kepala OPD, Kabag, Kaban dan Camat se Kota Pariaman, serta kaum muslimin serta para perantau yang pulang kampung.(mc/ssc).

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *