Baznas Kota Pariaman Salurkan Zakat Program Makmur Pariaman Kepada 462 Mustahik

Kota Pariaman – Sebanyak 462 Mustahik menerima penyaluran zakat program Pariaman Makmur dari Badan Amil Zakat Nasional (BAZNAS) Kota Pariaman. Penyaluran diserahkan secara simbolis oleh Pj Wali Kota Roberia, di Mesjid Nurul Islam Kelurahan Jalan Kereta Api, Kecamatan Pariaman Tengah, Jum’at sore (23/2/2024).

“Melalui zakat, kita berbagi dengan para mustahik, para penerima zakat, baik berbagi rezeki, berbagi rasa persaudaraan, berbagi ibadah, berbagi kebahagiaan, terlebih sebentar lagi kita akan memasuki bulan suci Ramadhan,” ujar Roberia yang didampingi Staf Ahli, Sadrianto dan Kadis Sosial, Muhammad Roem.

Ia mengatakan, keberadaan BAZNAS sebagai lembaga pemerintah non struktural, merupakan instrument untuk meningkatkan efektivitas dan efisiensi pelayanan dalam pengelolaan zakat.

Disamping itu, sambung dia, meningkatkan manfaat zakat untuk mewujudkan kesejahteraan masyarakat sekaligus penanggulangan kemiskinan di daerah kita.

“Berbagai program BAZNAS Kota Pariaman, yang telah dilaksanakan selama beberapa tahun terakhir ini, patut kita berikan apresiasi yang tinggi. Karena, sangat dirasakan manfaatnya oleh masyarakat penerima,” ungkapnya.

Baca Juga  Kota Pariaman Jadi Daerah Sasaran Latsitradanus Ke-XLIII Tahun 2023

PJ Roberia berharap, zakat yang disalurkan BAZNAS yang berasal dari zakat para ASN se-Kota Pariaman dan para Muzaki ini, semoga bermanfaat hendaknya bagi bapak/ibu semua. Apalagi dana yang diterima agar dapat untuk berusaha nanti.

Sementara itu, Ketua BAZNAS Zalman Zaunit menuturkan, pihaknya mempunyai 5 program. Yaitu Pariaman Cerdas merupakan bantuan untuk biaya pendidikan warga kurang mampu, termasuk dalam ”Saga Saja”, Pariaman Makmur, bantuan untuk ekonomi produktif bagi para UMKM, yang kita salurkan hari ini.

“Selanjutnya ada Pariaman Sehat adalah bantuan keuangan untuk kesehatan bagi warga tidak mampu. Kemudian, Pariaman Taqwa adalah bantuan zakat untuk para imam mesjid, khatib, garin, labai dan ubiyah. Dan, terakhir Pariaman Peduli untuk bantuan zakat bagi masyarakat yang termasuk dalam 8 golongan penerima zakat, serta masyarakat yang tertimpa bencana,” tukasnya.

Mantan Anggota DPRD Provinsi Sumatera Barat yang biasa disapa Ongga ini, juga menjelaskan, Pendistribusian Zakat BAZNAS dengan Program Pariaman Makmur yang dibagikan saat ini sebesar Rp. 323.400.000. Kesemuanya diserahkan untuk 462 Mustahik berasal dari 4 Kecamatan se Kota Pariaman. Dan, masing-masing mustahik menerima sebanyak Rp 700 ribu.

Baca Juga  PJ Walikota Roberia ; Hasil Raker Kemenag Kota Pariaman Ada Efek Kemajuan Hidup Beragama Umat

“Tahun 2023 kemaren, BAZNAS Kota Pariaman, untuk penerimaan zakat yang berasal dari ASN dan muzaki sebesar Rp. 5.8 Milyar. Dan, pada tahun 2024 ini, kita mentargetkan untuk penerimaan zakat sebesar Rp 6.5 Milyar,” tutupnya. (mc/ssc).

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *