Kodim 0308/Pariaman Adakan Binkom Cegah Konflik Sosial di Kota Pariaman

Kota Pariaman –  Komando Distrik Militer (Kodim) 0308/Pariaman menggelar kegiatan Pembinaan Komunikasi (Binkom) Cegah Konflik Sosial Tahun 2024 di Kota Pariaman. Kegiatan Binkom dengan mengusung tema “Peran Seluruh Komponen Masyarakat Dalam Mencegah Konflik Sosial di Wilayah Hukum Kodim 0308/Pariaman” bertempat di Aula Balaikota, Kamis (18/1/2024).

Sekretaris Daerah Kota (Sekdako) Pariaman dalam sambutannya mengucapkan terima kasih kepada TNI yang telah memilih Kota Pariaman sebagai tempat terlaksananya kegiatan ini.

“Menjadi tempat terlaksananya Binkom oleh Kodim 0308/Pariaman menjadi salah satu kebanggaan bagi kami pihak Pemko Pariaman. Dan, kami juga bangga, karena telah dikunjungi Wakil Asisten Staf Intelejen Kepala Staf Angkatan Darat, Bidang Jemen Intel, Brigjen TNI Antoninho Rangel Da Silva, S. IP, M. Han,“ ungkapnya.

Ia menyebut, tahun 2024 yang menjadi tahun politik. Karena, akan terlaksananya pemilihan Presiden dan Wakil Presiden, DPD, DPR-RI, DPRD Propinsi maupun DPRD Kabupaten/Kota dan disusul Pilkada  Gubernur, Bupati serta Walikota di seluruh Indonesia.

Untuk itu, ucap Sekdako, maka perlu dilakukan pembinaan mencegah terjadinya konflik sosial. Sehingga pelaksanaan pemilu pada tahun ini, akan sama seperti tahun- tahun sebelumnya. Pemilu di Kota Pariaman berjalan aman, damai dan lancar.

Baca Juga  Pemko Pariaman Gelar Musrenbang RPJPD 2025-2045 Dengan Visi "Pariaman Sejahtera Unggul Maju dan Berkelanjutan"

“Kepada seluruh peserta, kami harapkan untuk dapat memanfaatkan momen itu sehingga nantinya kita mampu bekerja sama menjaga persatuan dan kesatuan bangsa, bergandengan tangan membangun bangsa. Sehingga Kota Pariaman dapat terhindar dari konflik sosial, dan nantinya, Indonesia akan terus berkembang dan menjadi bangsa yang bermartabat di dunia, “ harapnya.

Sementara itu, Wakil Asisten Staf Intelejen Kepala Staf Angkatan Darat, Bidang Jemen Intel, yang sekaligus menjadi Ketua Tim Brigjen TNI Antoninho Rangel Da Silva, S. IP, M. Han mengucapkan terima kasih kepada Pemko Pariaman, karena telah ikut mensukseskan kegiatan ini.

“Kegiatan ini sengaja kita laksanakan di Kota Pariaman, karena Kota Pariaman salah satu kota yang memiliki riwayat aman, damai dan lancar dalam proses pelaksanaan pemilu. Tujuan Binkom ini antara lain dalam rangka menghadapi tahun politik 2024, sehingga Kota Pariaman kembali menjadi contoh dan barometer bagi daerah lainnya, “ungkapnya.

Baca Juga  TP PKK Kota Pariaman Ikuti Jambore Kader Berprestasi ke-21 Tingkat Sumbar Tahun 2024

Kata dia, untuk menjamin keamanan dan mencegah konflik sosial memerlukan kerjasama dengan tokoh adat, tokoh masyarakat, tokoh agama, cerdik pandai, pers dan lainnya. Dengan begitu kerjasama yang baik akan dapat membantu Pemerintah Daerah dalam mencegah dan meredam potensi konflik sosial yang terjadi di Kota Pariaman.

“Semoga saja dengan adanya kegiatan pembinaan komunikasi cegah konflik sosial ini, maka kita akan dapat memahami potensi ancaman gangguan hambatan dan tantangan dari konflik sosial, “ ucapnya mengakhiri.(mc/ssc).

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *