KPU Pariaman Siapkan 215 Lokasi Pemasangan APK untuk Pemilu 2024

Pemilu 2024
Ketua KPU Pariaman, Sumbar Ali Unan foto bersama dengan Pj Wako Pariaman, Roberia saat penandatanganan Naskah Perjanjian Hibah Daerah (NPHD)

Pariaman – Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kota Pariaman, Sumatera Barat, telah menyiapkan 215 lokasi pemasangan alat peraga kampanye (APK) untuk Pemilihan Umum (Pemilu) 2024 di daerah tersebut.

Ketua KPU Pariaman, Ali Unan, menyatakan bahwa setiap desa dan kelurahan di Pariaman telah diberikan tiga lokasi pemasangan APK, kecuali Desa Cimparuh dan Desa Kampung Baru yang memiliki empat lokasi pemasangan APK.

Ali Unan menjelaskan bahwa peserta Pemilu dan calon legislatif (Caleg) dilarang memasang APK di luar lokasi yang telah ditetapkan. Namun, jika ada kebutuhan khusus, pemasangan di luar lokasi dapat dilakukan dengan memenuhi persyaratan tertentu, seperti surat izin dari pemilik lokasi.

“Pemasangan APK baik di lokasi yang telah ditetapkan, rumah warga, maupun papan reklame diperbolehkan mulai tanggal 28 November. Namun, saat ini peserta Pemilu dan Caleg hanya diizinkan memasang alat peraga sosialisasi,” ujarnya.

Baca Juga  Tragis! Gadis Kecil Kehilangan Lengan Akibat Tertabrak Kereta Api di Pariaman

Ali Unan juga menyampaikan bahwa Bawaslu telah menertibkan APK yang tidak sesuai ketentuan, dan KPU turut serta dalam pengawasan penertiban tersebut. Pemasangan APK di halaman rumah ibadah dan tempat pendidikan tidak diperbolehkan.

Menanggapi kemungkinan penambahan lokasi pemasangan APK seiring dengan perkembangan kawasan perumahan baru di Pariaman, Ali Unan menyatakan bahwa Panitia Pemungutan Suara (PPS) dan Panitia Pemilihan Kecamatan (PPK) akan melakukan pendataan. Selain itu, KPU Pariaman juga akan menyediakan lokasi pemasangan APK khusus untuk Caleg Kota Pariaman di tiga lokasi tertentu.

Baca Juga  Puluhan Ribu Warga Kota Ikuti Jalan Sehat Bersama Gebu Minang dan Pemko Pariaman

Ali Unan menambahkan bahwa KPU Pariaman akan menggelar Pemilu Damai serentak secara nasional menjelang dimulainya masa kampanye, melibatkan penyelenggara dan peserta Pemilu. (des)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *