MIN 1 Kota Pariaman Dinilai Tim Verifikasi UKS/M Tingkat Provinsi Sumatera Barat.

Kota Pariaman – Madrasah Ibtidaiyah Negeri (MIN) 1 Kota Pariaman dinilai Tim Usaha Kesehatan/Madrasah (UKS/M) Sumatera Barat (Sumbar) dari Kantor Wilayah Kementerian Agama (Kemenag) Sumbar. Tim Penilaian/Verifikasi Madrasah Sehat Tingkat Provinsi Sumbar diketuai Taslim Perdana dengan Anggota Firdaus dan Meria disambut Kepala MIN 1 Kota Pariaman Nur Eliwati dan Kasi Pendis Kankemenag Kota Pariaman Syaiful Azmi, Jum’at lalu.

Kepala MIN 1 Kota Pariaman Nur Eliwati ketika dihubungi awak media ini di Pariaman, Selasa (14/11/2023), membenarkan sehubungan turunnya Tim Verifikasi UKS/M Kanwil Kemenag Sumbar ke MIN yang dipimpinnya.

Kepada Tim UKS/M Sumbar itu, kata dia, kami mengucapkan selamat datang dan terima kasih yang telah mengunjungi MIN 1 Kota Pariaman.

Kemudian, kami memaparkan usaha-usaha yang sudah dilakukan Tim UKS MIN 1 Kota Pariaman. Karena, bermodalkan semangat bekerjasama dari seluruh warga madrasah dalam penerapan madrasah bersih dan sehat.

“Itupun, semua dilakukan dengan penuh kesadaran tentang pentingnya menjaga hidup bersih dan sehat agar terhindar dari penyakit. Pelaksanaanya dengan motto “mencegah lebih baik dari mengobati”, ucap Nur Eliwati.

Baca Juga  Ketua PHBI Yota Balad ; Pemko Pariaman Selenggarakan Shalat Idul Fitri 1445 H dengan Khatib Doktor Haji Muhammad Nur di Lapangan Merdeka

Ia berharap semoga Tim Verifikasi kiranya dapat memberikan penilaian yang objektif pada MIN 1 yang dipimpinnya dengan memperoleh nilai terbaik (strata Paripurna) Tingkat Sumbar. Kalau bisa melaju dalam penilaian UKS/M ke Tingkat Nasional.

“Dan, terima kasih kami ucapkan kepada Tim verifikasi Sumbar tersebut. Juga, kami telah siap menindaklanjuti masukan dan saran demi perbaikan UKS/M ini kedepannya” kata Kepala MIN 1 Nur Eliwati.

Diketahui, MIN 1 Kota Pariaman meraih Juara 1 Madrasah Sehat Tingkat Kota Pariaman dan mewakili Kota Pariaman ke Tingkat Provinsi Sumbar, setelah melalui proses yang panjang dari tingkat bawah.

Adapun aspek- aspek yang diverifikasi dalam penilaian UKS/M ini 4 ( empat) komponen. Yakni, pendidikan Kesehatan di madrasah, pelayanan Kesehatan, lingkungan madrasah sehat dan pembinaan lingkungan madrasah sehat.

Dalam pembenahan seperti, selalu menjaga kebersihan diri dan lingkungan membuang sampah pada tempatnya, menjaga kebersihan kelas, kamar mandi dan Toilet madrasah.

Baca Juga  Nelayan Terombang-ambing di Perairan Pulau Bonta Ditemukan Selamat

Dan, mengkonsumsi makanan yang sehat bergizi misalnya, menganjurkan murid membawa makanan dan air minum atau bekal dari rumah yang terjamin kebersihan dan kesehatannya, tidak boleh jajan sembarangan dan sebagainya.

Selain itu, membiasakan hidup bersih dan sehat seperti cuci tangan dengan sabun pada air mengalir. Juga melakukan sosialisasi dan pembinaan kepada murid- murid. Apalagi kepada warga madrasah dan masyarakat sekitar lingkungan MIN 1 agar menjaga dan menerapkan pola hidup bersih dan sehat.(ssc).

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *