Wali Kota Pariaman Genius Umar Sebar 24 Ribu Bibit Ikan Mas

Kota Pariaman – Sebanyak 24 ribu benih ikan mas disebarkan oleh Wali Kota Pariaman Genius Umar, didampingi Kepala Dinas Pertanian Pangan dan Perikanan Kota Pariaman Anilta, di 3 (tiga) titik lokasi pada dua Kecamatan di Kota Pariaman, Sabtu (7/10/2023).

Penyebaran benih ikan mas ini bertujuan untuk membantu meningkatkan pendapatan dan perekonomian masyarakat setempat

“Bibit ikan mas ini kita sebar adalah untuk membantu meningkatkan perekonomian masyarakat setempat. Hal ini agar dapat menambah pendapatan mereka, sehingga mencukupi kebutuhan keluarga nya”, ungkap Genius.

Ia menjelaskan, bahwa ikan mas ini bisa diambil oleh masyarakat setempat untuk dijual, untuk dikonsumsi bersama keluarga ketika datang masa panen nanti sekitar empat sampai lima bulan mendatang.

“Jadi ikan mas ini bisa dipanen, jika dirawat dengan baik dan diberi makan setiap hari oleh masyarakat. Sehingga hasilnya bisa dinikmati secara bersama-sama”, terang Genius.

Baca Juga  PJ.Wako Pariaman Hadiri Anugerah Legislasi 2023

“Pesan saya, jaga ekosistim sungai ini dengan baik agar ikan bisa berkembang biak dengan baik. Usai panen nanti, agar di isi kembali sungai ini dengan bibit ikan yang baru. Sehingga populasi ikan disungai ini tetap ada sampai kapanpun”, pungkas Genius.

Kadis Pertanian Pangan dan Perikanan Anilta menjelaskan, tiga lokasi penyebaran benih ikan mas tersebut, pertama berada di Batang Air Kelurahan Ujuang Batuang, Kecamatan Pariaman Tengah dengan benih yang disebar sebanyak 10 ribu bibit ikan mas dengan sembilan karung pakan ikan.

“Lokasi penyebaran benih ikan mas kedua, berada di aliran sungai Desa Cimparuah Kecamatan Pariaman Tengah dengan benih ikan yang disebar sebanyak 7 ribu bibit ikan mas dengan enam karung pakan ikan” sebut dia.

Baca Juga  Ditandai "Maambiak Tanah dan Diarak" Awal Prosesi Pesona Budaya Tabuik Piaman 2024

Untuk lokasi ketiga, ungkap Anilta, penyebaran bibit ikan mas berada di aliran sungai Desa Pakasai, Kecamatan Pariaman Timur dengan benih ikan yang disebar sebanyak 7 ribu bibit ikan mas dengan enam karung pakan ikan. (ssc).

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *