284 Warga Kota Pariaman Ikuti Sosialisasi Program Kartu Prakerja dan Indonesia Skill Week

Kota Pariaman – Sebanyak 284 orang Warga Kota Pariaman ikuti Sosialisasi Program Kartu Prakerja dan Indonesia Skill Week di Pandopo Rumah Dinas Walikota Pariaman, Selasa (3/10/2023).

Wali Kota Genius Umar mengatakan, kartu prakerja di Kota Pariaman sangat berdampak positif. Ketika terjadi pandemi covid-19, tawaran dari pemerintah pusat kepada masyarakat langsung untuk kartu prakerja dengan masyarakat mendaftar pada bidang skill yang diperlukan mereka.

“Saya yakin program ini sangat berhasil bagi Kota Pariaman, dengan ide-ide dari kartu prakerja ini. Kita juga mengembangkan program lainnya, sehingga kami juga melakukan kerjasama beberapa industri”, ujarnya.

Disamping mereka mendapatkan skill, sebut Genius, mereka juga mendapatkan modal untuk melakukan bisnis baru sehingga ada 8.034 orang warga Kota Pariaman yang dilatih oleh kartu prakerja.

Baca Juga  Relawan PMI dan Kelompok SIBAT Garda Terdepan, Ini Pesan Wako Genius Umar

“Prakerja ini lebih memudahkan dengan mendaftar online secara mandiri. Dan skill yang dipilih sesuai dengan kemampuannya serta tidak memerlukan waktu khusus untuk melakukan pelatihan”, ulasnya.

Genius juga menjelaskan, penerima kartu prakerja di Kota Pariaman tercatat dari tahun 2020 sampai tahun 2022 sebanyak 8.034 orang. Sebagai penerima manfaat kartu parkerja dengan rincian Kecamatan Pariaman Tengah 2.944, Kecamatan Pariaman Utara 1.963, Kecamatan Pariaman Timur 1.738, Kecamatan Pariaman Selatan 1.398.

”Kita juga menginginkan kartu prakerja ini disandingkan dengan pemerintah daerah apa yang belum ada dikartu prakerja dibackup oleh pemerintah daerah. Sehingga program ini lebih efektif dan pemuda di Kota Pariaman tidak ada yang menganggur”, tutupnya.

Sementara itu, Direktur Pemantauan dan Evaluasi Manajemen Pelaksana Program Kartu Prakerja (MPPKP) Menteri Perekonomian, Cahyo Prihadi menuturkan, kartu prakerja hadir pada tahun 2020 yang bertujuan untuk meningkatkan kompetensi produktifitas, daya saing dan mengembangkan kewirausahaan angaktan kerja.

Baca Juga  Pemko Pariaman Kembali Raih Opini WTP ke -11 dari BPK Sumbar

“Program ini hadir untuk semua angkatan kerja di Indonesia tanpa kecuali dengan usia dari 18 sampai 64 tahun”, jelasnya.

Cahyo Prihadi menambahkan, prakerja saat ini, sudah mencapai 17,4 juta penerima dari 514 kab/kota se Indonesia yang menerima program katu prakerja.

“Kita berharap dari prakerja ini dapat meningkatkan kompetensi angkatan kerja dan bisa membuka usaha sendri untuk menekan angka kemiskinan di Kota Pariaman”, tegasnya (mc/ssc).

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *