Walikota Genius Umar Inspektur Upacara Peringatan Hari Kesaktian Pancasila

Kota Pariaman – Walikota Genius Umar bertindak sebagai Inspektur Upaacara Peringatan Hari Kesaktian Pancasila dilingkungan Aparatur Sipil Negara (ASN) Pemerintahan Kota (Pemko) Pariaman bertempat di halaman Balai Kota, Minggu (01/10/23).

Upacara Peringatan Hari Kesaktian Pancasila ini, juga diikuti Wakil Walikota Mardison Mahyuddin, Sekda Kota Yota Balad, Kepala OPD, Forkopimda, Ketua TP PKK, Ketua GOW, dan Ketua DWP Kota Pariaman.

Untuk tahun 2023 peringatan Hari Kesaktian Pancasila yang jatuh pada tangggal 1 Oktober setiap tahunnya mengusung tema “Pancasila Pemersatu Bangsa Menuju Indonesia Maju”.

Sejarah terbentuknya Hari Kesaktian Pancasila, tidak lepas dari peristiwa pemberontakan Gerakan 30 September oleh PKI atau lebih dikenal dengan singkatan G30S/PKI. Karena itu peringatan Hari Kesaktian Pancasila diselenggarakan sehari setelah peristiwa G30S/PKI.

Baca Juga  Pemko Pariaman Peringati Hari Bela Negara ke-75 dan Hari Ibu ke-95 Tahun 2023

Peringatan ini bertujuan agar bangsa Indonesia mengingat kembali peristiwa G30S/PKI. Juga untuk mencegah terulangnya kembali peristiwa tersebut. Pada tanggal 1 Oktober 1966, upacara peringatan Hari Kesaktian Pancasila pertama kali dilakukan di Lubang Buaya, Jakarta.

Hari Kesaktian Pancasila merupakan peringatan Pancasila sebagai dasar negara Indonesia. Sehingga menjadi pedoman hidup masyarakat dalam berbangsa dan bernegara.

Selain itu, peringatan hari Kesaktian Pancasila juga dilaksanakan untuk mengenang jasa para pahlawan revolusi yang telah gugur akibat kekejaman dari peristiwa G30S/PKI pada tahun 1965. Ketika itu, ada 6 (enam) orang Jendral dan satu orang Letnan TNI AD telah dibunuh secara keji.

Hari Kesaktian Pancasila juga menjadi momentum yang pas untuk memupuk jiwa dan semangat nasionalisme masyarakat, terutama bagi generasi muda. Karena, generasi muda juga harus ikut menjaga dan mempertahankan Pancasila sebagai dasar negara. Dan, sekaligus ikut mengamalkan nilai-nilai Pancasila dalam kehidupan sehari-hari. (mc/ssc).

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *