Kemendes PDTT Tunjuk Kota Pariaman Tempat Launching Lomba Desa Wisata Nusantara 2023

Kota Pariaaman – Desa Wisata Apar, Kecamatan Pariaman Utara, Kota Pariaman ditunjuk oleh Kementerian Desa, Pembangunan Daerah Tertinggal, dan Transmigrasi (Kemendes PDTT) sebagai tuan rumah pada Launching Lomba Desa Wisata Nusantara 2023 pada tanggal 11 Agustus 2023 mendatang.

“Launching desa wisata skala nasional tersebut akan dihadiri langsung oleh Menteri Desa PDTT, Abdul Halim Iskandar. Diikuti oleh peserta dari seluruh Indonesia baik secara offline maupun online (zoom meeting)” ujar Walikota Pariaman, Genius Umar saat menerima kunjungan Direktur Pembangunan Sarana Prasarana Desa dan Perdesaan, Kemendes PDTT, Nur Said beserta Tim di Kota Pariaman, Jumat (4/8/2023).

Genius menyebut bahwa Kemendes PDTT menghimbau setiap daerah agar mengikuti lomba ini, termasuk Kota Pariaman. Syarat peserta yang ikut, ialah desa-desa yang memiliki wisata yang dikelola Badan Usaha Milik Desa (BUMDes) masing-masing daerah.

Baca Juga  Ketua TP-PKK Kota Pariaman Serahkan Hadiah Lomba Kader Berprestasi

“Ini suatu bentuk apresiasi dari Kemendes yang mempercayakan Desa Apar, Kota Pariaman sebagai tempat launching lomba desa wisata. Sebelumnya, Desa Wisata Apar ini juga pernah juara 7 lomba desa wisata nusantara tahun 2019. Dan menerima reward berupa dana sarana prasarana senilai Rp.400 juta,” pungkasnya.

Sementara itu, Direktur Pembangunan Sarana Prasarana Kemendes PDTT, Nur Said mengatakan, hari ini kita bersama Tim mengunjungi Kota Pariaman dalam rangka persiapan menyambut kedatangan Bapak Menteri Abdul Halim Iskandar.

“Hari ini, kita melakukan cek kesiapan venue yang akan dikunjungi Menteri nanti. Dan direncanakan ia akan melihat objek wisata mangrove dan stand UMKM yang ada di Desa Wisata Apar ini” ujarnya.

Baca Juga  Pj Walikota Pariaman; Niatkan Beribadah Dalam MTQ

Nur Said menjelaskan, lomba ini digelar bertujuan untuk mendorong desa-desa wisata yang dikelola BUMDes dan BUMDesa Bersama tumbuh dan bangkit pasca pandemi.

Pengembangan potensi wisata desa, ujar dia, adalah jalan kemajuan pariwisata Indonesia dan kemandirian desa adalah tangga kemajuan Indonesia.

“Kita ingin desa di seluruh Indonesia terlibat aktif dalam kegiatan promosi desa wisatanya masing-masing. Dan, terus berinovasi mengembangkan potensi wisata desa, demi kebangkitan ekonomi warga, untuk kemandirian desa,” tutup Nur Said. (mc/ssc).

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *