Genius Umar Terima Penghargaan Kota Komitmen Perlindungan Anak

Kota Pariaman – Kota Pariaman menerima penghargaan sebagai kota yang berkomitmen terhadap perlindungan anak berbasis Sitem Informasi Monitoring Dan Evaluasi Pelaporan (SIMEP) Perlindungan Anak.

Penghargaan diterima langsung Wali Kota Pariaman Genius Umar dari Ketua KPAI melalui Wakil Ketua KPAI Jasra Putra dan Direktur Metro TV Don Bosco Selamun, di Studio Grand Metro TV, Jakarta Barat, Kamis (20/07/23).

Wako Genius Umar mengatakan, ini merupakan sebuah upaya untuk memenuhi hak-hak anak yang ada di Kota Pariaman. Yakni berbagai program dan kegiatan dengan melibatkan seluruh stakeholder melalui Sitem Informasi Monitoring Dan Evaluasi Pelaporan (SIMEP) Perlindungan Anak.

Keberhasilan mendapatkan penghargaan Anugerah KPAI Tahun 2023 ini, sebut dia, untuk menguatkan komitmen dan kepedulian terhadap perlindungan anak di Kota Pariaman, dan akan menjadi motivasi untuk lebih giat lagi dalam upaya meningkatkan program perlindungan anak.

Baca Juga  Bendera Merah Putih HUT RI Ke-78 Berkibar di Perairan Bawah Laut Pulau Bando

“Terimakasih atas apresiasi KPAI ini kepada Kota Pariaman sebagai bukti upaya pembinaan dan pengawasan terhadap penyelenggaraan perlindungan anak di Kota Pariaman telah diakui,” ucapnya lagi.

Genius berkomitmen terus membina sinergisitas, kerjasama dan kebersamaan dengan seluruh stakeholder dan Forkopimda Pariaman. Sehingga telah membuahkan hasil, berbagai program khususnya dalam penyelenggaraan perlindungan anak di Kota Pariaman.

Apresiasi penghargaan yang diberikan KPIA, kata Ketua KPAI Maryati Soliha, adalah sebagai bentuk pengakuan atas komitmen dan inovasi kepada kementerian/lembaga, pemerintah provinsi, kabupaten kota terhadap capaian penyelenggaran perlindungan dan pemenuhan hak anak berbasis aplikasi SIMEP.

Menurut Maryati Soliha, penilaian SIMEP ini dilakukan sejak 24 Januari hingga 15 Mei 2023 dengan verifikasi awal pada 6 kementerian/lembaga, 6 provinsi, 10 kabupaten/kota.

Selanjutnya, terang Maryati, dilakukan verifikasi akhir pada 12 Juni hingga 6 Juli 2023. Hingga Juni 2023 ini, sudah ada 1.662 pengaduan dari masyarakat.

Baca Juga  Wako Genius Umar Lantik 6 Pejabat Eselon II

“Ini menunjukan peran negara, pemerintah pusat, kementerian, provinsi, kabupaten/kota dan serta berbagai masyarakat menjadi tantangan dalam merespon permasalahan tersebut. Juga pelaporan masyarakat menjadi kepercayaan publik untuk mengakhiri berbagai permasalahan anak,” ungkap dia.

Ia menambahkan, KPAI saat ini terus melakukan penguatan kualitas pengasuhan anak, menekan angka korban kekerasan hingga mencegah perkawinan dini pada anak.

Penghargaan tingkat Provinsi diraih oleh Kalimantan Selatan, Jawa Tengah dan Sumatera Barat. Sedangkan tingkat kabupaten/kota, yang masuk nominasi penerima Anugerah KPAI adalah Kota Pariaman, Kota Yogyakarta, Kota Mataram, Kabupaten Agam, Kabupaten Muara Enim, Kabupaten Hulu Sungai Utara, Kabupaten Dompu, Kabupaten Pesisir Selatan.

Dan, ada KPAI Daerah yang menerima Anugerah adalah Ketua KPAID Kota Yogyakarta, Ketua KPAID Kabupaten Bogor, Ketua KPAID Provinsi Bali.(mc/ssc).

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *