Wako Genius Umar Terima Kunjungan BRAC Internasional

Kota Pariaman – Wali Kota Genius Umar menerima kunjungan Perwakilan dari Building Resources Across Communities (BRAC) Internasional, bertempat di rumah dinas Walikota, Kelurahan Kampung jawa II Kecamatan Pariaman Tengah, Rabu siang (19/7/23).

BRAC merupakan sebuah organisasi pembangunan internasional yang berbasis di Bangladesh. Dalam rombongan ini, Paul Taylor asal Amerika Serikat (Direktur Portfolio Progam) yang membawahi 7 negara, Stephanie Brockerhoff asal Inggris (Direktur Perancangan Program), Arnaldo Pellini asal Jerman (Direktur Monitoring dan Evaluasi), Abdurrahman Syebubakar (Country Lead BRAC Indonesia), Puji Dwi Antono (Program Coordinator), Ferdian Rahmadya (Specialist), dan Arviantoro (Koordinator Provinsi Jawa Barat).

“Kedatangan rombongan BRAC ke Kota Pariaman, ingin melihat langsung sistem layanan Pusat Kesejahteraan Sosial (Puskesos) dan kaitanya dengan pendekatan graduasi dalam penanggulangan kemiskinan di daerah ini. Apa kekurangan dan kelebihan, dimana kendala dalam pelaksanaan dan pendataan masyarakat miskin. Karena, begitu banyak masalah utama tentang masalah data,” ujar Walikota Genius Umar.

Baca Juga  Wawako Mardison Mahyuddin Serahkan Bantuan Beras dan Mie Instan Kepada Warga Terdampak Banjir

Ia mengatakan, mereka juga ingin melihat layanan dari bawah, mulai dari Desa dan Kelurahan. Jadi intinya, mereka ingin melihat apa bantuan yang telah kita serahkan selama ini, tersalurkan kepada masyarakat yang betul-betul berhak. Sehingga tidak ada masyarakat miskin yang tidak mendapat bantuan.

“Kemudian setiap program besar Poverty (Kemiskinan) di Kota Pariaman, kedepan mereka akan Support maksimal 5 persen. Dan untuk Sumatera Barat, mereka akan mensupport Kota Pariaman dan Kabupaten Tanah Datar,” ungkapnya.

Genius Umar sebut, Kota Pariaman dipilih Badan Pembangunan Nasional (Bapenas) RI, sebagai pilot projek untuk BRAC Internasional. Hal ini, sebagai daerah yang sukses menurunkan angka kemiskinan dan meningkatkan pendidikan bagi penduduk kurang mampu dengan berbagai program yang telah kami gagas selama ini.

Baca Juga  LKAAM Kota Pariaman Go to School

“Kami harap dengan dukungan dan pendampingan dari BRAC Internasional ini, kita semakin dapat menunjukan bahwa Kota Pariaman, walaupun kita bukan daerah yang kaya, hanya sebuah kota kecil dengan APBD yang juga tidak terlalu besar, dapat membuat kebijakan yang dirasakan manfaatnya oleh seluruh masyarakat. Terutama dari kalangan masyarakat kurang mampu, dan dapat menjadi daerah percontohan di Indonesia dan bahkan mancanegara,” tutupnya.

Kunjungan BRAC ini, ditemani Wakil Walikota Mardison Mahyuddin, Kepala Badan Perencanaan Pembangunan Daerah (Bappeda) Hendri, beserta jajaran, Ketua Lembaga Koordinasi Kesejahteraan Sosial (LKKS) Ny. Lucyanel Genius dan Kepala Dinas Sosial, M. Rum dan jajaran. (*/ssc).

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *