Pemko Pariaman Gelar Tabligh Akbar Peringati Tahun Baru Islam 1445 Hijriah

Kota Pariaman – Memperingati Tahun Baru Islam 1 Muharram 1445 Hijriah, Pemerintah Kota (Pemko) Pariaman mengadakan Tabligh Akbar yang bertempat di Halaman Balaikota Pariaman dengan menghadirkan penceramah Ustadz Ristawardi Dt.Marajo Nan Batungkek Ameh, Rabu (19/7/23).

Dalam sambutanya, Wako Pariaman Genius Umar mengucapkan selamat datang dan terima kasih kepada seluruh masyarakat karena sangat antusias ingin mengikuti tabligh akbar.

“Tabligh akbar ini kita laksanakan dalam rangka memperingati Tahun Baru Islam 1 Muharram 1445 Hijriah. Seperti biasa, setiap tahunnya Pemko Pariaman akan mengadakan pesta budaya tabuik pada bulan Muharram ini.

Prosesi pertama akan dilaksanakan nanti sore dengan maambiak tanah (mengambil tanah) yang akan dilakukan di dua tempat Kelurahan Alai Gelombang dan Desa Pauh Barat Kecamatan Pariaman Tengah Kota Pariaman” ungkapnya.

Sebagaimana diberitakan sebelumnya, salah satu event terbesar Kota Pariaman telah dijadwalkan tepat pada bulan Juli 2023. Yaitu Pesta Hoyak Tabuik Budaya Piaman 2023 yang dimulai prosesinya pada 19 Juli 2023 maambiak tanah, dilanjutkan dengan prosesi manabang batang pisang, 23 Juli 2023, Maatam dan Maarak Jari-Jari, 25 Juli 2023, Maarak Saroban, 26 Juli 2023 dan Tabuik Naik Pangkek serta Tabuik dibuang ke laut, 30 Juli 2023.

Baca Juga  Kominfo Kota Pariaman Implementasikan Klinik GCIO Online Kepada Seluruh Perangkat Daerah

“Kita memang patut bersyukur, karena Allah SWT masih menganugerahkan kepada kita nikmat umur. Sehingga masih memiliki sebuah kesempatan untuk memasuki Tahun Baru 1445 Hijriyah. Rasa syukur tersebut, sejatinya dapat kita iringi dengan semangat untuk melakukan hijrah pada tahun baru Islam ini, menuju sosok yang lebih baik. Yakni menjadi individu yang tidak hanya baik secara pribadi, tetapi juga memiliki etos kerja yang tinggi dan kepekaan social” tambahnya.

Baca Juga  Tingkatkan Pelayanan Prima ; Genius Sidak Layanan Dinas Dukcapil Kota Pariaman

“Mudah-mudahan pencerahan, pemahaman serta motivasi yang ustadz sampaikan nantinya, Akan dapat kita jadikan pegangan untuk selalu istiqomah dalam meningkatkan kualitas ibadah kepada Allah SWT, serta menjadi insan yang senantiasa menjadikan al-quran sebagai pedoman hidup, membaca, memahami, serta mengamalkannya dalam kehidupan sehari-hari” ujarnya mengakhiri.

Penceramah Ustadz Ristawardi mengupas memaknai dari mengawali tahun baru Islam bernama Hijriah ini. Melalui adanya pergantian tahun baru islam hijiriah ini, maka semakin perkokoh dalam pemahaman beragama Islam yang dibawa Nabi Muhammad dalam kehidupan sehari-hari, baik dalam beribadah maupun dalam kehidupan bermsyarakat.

Turut hadir Wakil Walikota Mardison Mahyuddin, unsur Forkopimda, Sekdako Yota Balad, Ketua TP PKK Ny.Lucy Genius, Ketua GOW Ny.Indriati Mardison serta seluruh Kepala OPD dan ASN dilingkungan Pemko Pariaman.(mc/ssc)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *