Kota Pariaman Masuk Sembilan Besar Verifikasi Kota Sehat 2023

Kota Pariaman – Dalam acara Verifikasi Lanjutan Virtual Hybrid Kab/Kota Sehat (KKS) Tahun 2023, Wali Kota Genius Umar langsung pimpin kegiatan penyelenggaraan kota sehat di Kota Pariaman secara virtual dengan Tim Verifakator Kota Sehat 2023, juga diikuti seluruh OPD yang berada dilingkungan Pemerintahan Kota (Pemko) Pariaman, bertempat di ruang rapat wali kota, Senin (17/7/23).

Kepada Tim Verifikator, Genius Umar sampaikan seluruh program-program dan capaian yang telah didapatkan oleh pemerintah Kota Pariaman, khususnya dalam hal pencapaian Kota Pariaman menuju kota sehat di Indonesia. Karena, Kota Pariaman telah masuk sembilan besar verifikasi kota sehat 2023.

Genius ungkapkan secara kelembagaan, Forum Kota Sehat Kota Pariaman telah ditetapkan dengan keputusan Wali Kota, Camat, Lurah dan Kader yang terdiri dari Tim pembina teknis kota sehat, forum kota sehat, forum komunikasi kecamatan sehat (FKKS), serta desa/kelurahan kelompok kerja (Pokja).

Baca Juga  Wako Genius Serahkan Bantuan Ayam Petelur Kepada Warga Kurang Mampu

“Penyelenggaraan kota sehat dari segi tatanan pemerintah kota pariaman, telah melakukan berbagai upaya sebagai indikator pokok dan pendukung. Seperti tatanan kehidupan masyarakat sehat mandiri, permukiman dan fasilitas umum, pasar, satuan pendidikan, pariwisata, transportasi dan tertib lalu lintas jalan, perkantoran dan perindustrian, perlindungan sosial, serta pencegahan dan penanganan bencana” terang dia.

Khususnya untuk kehidupan masyarakat sehat mandiri, sebut Genius Umar, upaya yang telah dilakukan adalah membudayakan gerakan perilaku hidup bersih dan sehat (PHBS) dengan kearifan lokal, percepatan aksi konvergensi stunting, pemenuhan standar pelayanan minimal. Yakni bidang kesehatan, pemenuhan indeks keluarga sehat, meningkatkan pelayanan kesehatan yang berkualitas merata dan terjangkau, meningkatkan status gizi masyarakat, dan menurunkan angka kematian dan angka kesakitan.

Terkait dengan hal tersebut, ia menegaskan, inovasi yang telah dilaksanakan adalah Universal Health Coverage (UHC), deklarasi 100% Open Defecation (ODF), Bapak Asuh Anak Stunting (BAAS), Perda Kawasan Tanpa Rokok (KTR) dan penyediaan ruang laktasi di perkantoran.

Baca Juga  M.Topit dan Lidiya Wahyuni Sandang Duta Wisata Cuca Kota Pariaman 2023

“Saya ingin dari hasil verifikasi KKS 2023 ini, diminta seluruh OPD untuk melengkapi data yang dibutuhkan. Kalau bisa, selesai hari ini, karena waktu yang diberikan kepada kita hanya dua hari. Sehingga Kota Pariaman layak mendapatkan predikat kota sehat” tegasnya.

Tim Verifikator dari Bappeda Provinsi Sumatera Barat, Medi mengatakan, apa yang disampaikan Wali Kota Pariaman telah menjadi catatan tersendiri dari Tim verifikator, bagaimana Wali Kota Pariaman bisa menggerakkan semua potensi kotanya untuk membangun menjadi sebuah kota yang sehat. Karena, Kota Pariaman ini, kami anggap layak untuk dilanjutkan verifikatornya ke tingkat pusat dari sembilan Kab/Kota yang dinilai untuk menjadi kota sehat. (*/ssc)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *