KUR Khusus Bidang Pertanian, Wako Hendri Septa Tandatangani Komitmen Bersama dengan Kementan

PADANG – Wali Kota Padang Hendri Septa melakukan penandatanganan komitmen bersama dengan Direktur Jenderal (Dirjen) Direktorat Jenderal Prasarana dan Sarana Pertanian (Ditjen PSP) Kementerian Pertanian (Kementan) Ali Jamil dalam rangka Penyaluran Kredit Usaha Rakyat (KUR) Khusus di Bidang Pertanian Sebesar Rp50 Miliar di tahun 2023.
Penandatanganan komitmen bersama itu dilakukan Wali Kota Padang bersama sejumlah Bupati dan Wali Kota se-Sumatera Barat (Sumbar) mewakili Wali Kota/Bupati se-Indonesia dalam acara Temu Koordinasi dan Penandatanganan Komitmen Bersama antara Mitra Pembiayaan dan Pelaku Usaha Agribisnis serta Kerjasama Pengembangan Usaha Peternakan di Hotel Mercure Padang, Jumat (9/6/2023) malam.
Hadir langsung di kesempatan itu Menteri Pertanian RI Syahrul Yasin Limpo bersama para Dirjen di jajaran Ditjen Kementan, Gubernur Sumbar Mahyeldi bersama Wakil Gubernur Audy Joinaldy serta Bupati/Wali Kota se-Sumbar.
Juga terlihat para Gubernur dan kepala daerah se-Indonesia, unsur Forkopimda serta manajemen Perbankan yang tergabung dalam Himpunan Bank Milik Negara (Himbara) dan pimpinan lembaga perbankan.

Baca Juga  Wako Hendri Septa Hadiri Pembukaan Latsitarda Nusantara


Selain itu juga terlihat sejumlah pimpinan perusahaan agribisnis pertanian dan peternakan serta unsur terkait lainnya.
Dalam sambutan dan arahannya Mentan Syahrul Yasin Limpo mengatakan, penandatanganan komitmen bersama ini dilakukan untuk menjamin kemudahan dan mendorong petani se-Indonesia untuk mudah mengakses KUR dari Bank Pembangunan Daerah (BPD) dan Himbara.
“Mari kita semakin bersemangat membangun bidang pertanian di daerah kita masing-masing. Karena kalau pertanian baik otomatis ekonomi bangsa ini akan lebih baik lagi,” ujar Menteri.
Lebih lanjut Mentan Syahrul Yasin Limpo juga meminta kepada setiap kepala daerah agar terus memperbaiki kondisi pertanian yang ada di daerah masing-masing.
“Negara kita ini akan kokoh dan kuat jika pertaniannya kuat. Buktinya hanya sektor pertanian yang tetap bertahan dan stabil sewaktu terjadinya pandemi Covid-19. Sektor lainnya malah anjlok terdampak signifikan sewaktu bencana non alam tersebut,” imbuh Mentan.
Wali Kota Padang Hendri Septa menyampaikan terima kasih kepada Kementan yang telah mendukung provinsi serta kabupaten/kota di Indonesia dalam memberikan jaminan kemudahan dan mendorong petani untuk mudah mengakses KUR dari BPD dan Himbara seperti Bank Mandiri, Bank BNI, Bank BTN dan Bank BRI.
“Semoga setelah ini, kita semua para kepala daerah bisa mendorong petani di daerah masing-masing untuk mengembangkan usahanya dengan dukungan KUR oleh lembaga Perbankan. Hal ini sangat membantu sekali,” harap Wali Kota sewaktu ditemui wartawan usai kegiatan. (*)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *