Ditemui Pemicu Ledakan di Rumah Sakit Semen Padang, Allahu Akbar…

Warga dan pasien terlihat panik pascaledakan terjadi di Rumah Sakit Semen Padang, Selasa (30/1/2024).

Padang, fajarharapan.id – Sutan Hendra, Kepala Bidang Operasional dan Sarana Pemadam Kebakaran Kota Padang, memberikan rincian mengenai sumber ledakan yang terjadi di Lantai II Semen Padang Hospital (SPH).

Dengan kekuatan dugaan, ledakan tersebut dipicu oleh kerusakan pada pusat pendingin udara (AC Central) yang terletak di Rumah Sakit Semen Padang di Jalan Bypass Padang.

“Seketika, ledakan ini menyebabkan kerusakan berat pada struktur plafon dan dinding. Meski belum dapat dipastikan adanya korban jiwa, dampak ledakan ini telah menimbulkan luka-luka. Fokus kami saat ini adalah untuk menyelamatkan pasien yang terperangkap di ruang rawat inap, dengan mengalihkannya ke lantai bawah dan membimbing mereka menuju pelataran parkir,” ungkap Sutan Hendra pada Selasa sore (30/1/2024).

Berdasarkan informasi awal dari pihak rumah sakit, ledakan berasal dari ruang AC Central.

Baca Juga  Gubernur Mahyeldi Sebut PIT HUGI Berdampak Positif bagi Penanganan Masalah Kesehatan Saluran Kemih

“Namun, perlu dicatat bahwa informasi ini masih bersifat praliminary dan memerlukan penyelidikan lebih lanjut,” tambahnya.

Seperti yang telah dilaporkan, insiden ledakan terjadi di sekitar area ruang tunggu Poli Klinik Semen Padang Hospital (SPH) pada Selasa (30/1/2024) sekitar pukul 15.53 WIB.

Ledakan terjadi di sekitar loteng ruangan tersebut, di mana saat kejadian, banyak masyarakat yang berada di lokasi untuk kontrol berobat.

Petugas kesehatan di tempat menyatakan bahwa insiden ini menimbulkan banyak korban luka. Kepanikan melanda, dengan petugas kesehatan, pasien, dan pengunjung berusaha keluar dari rumah sakit.

“Ada ledakan, dan banyak yang terluka,” ungkap seorang perawat yang dihubungi.

Hingga saat ini, situasi di lokasi masih dipenuhi kepanikan. Pasien yang berada di ruang tunggu dievakuasi keluar dari gedung. Kasubag Humas Semen Padang Hospital, Rizky Febriela, saat dihubungi, mengonfirmasi kejadian ledakan tersebut.

Baca Juga  Puluhan Sepeda Motor Hangus, Show Room di Padang Terbakar

Pihak rumah sakit masih aktif melakukan penyelidikan untuk menentukan penyebab pasti insiden ini, sementara fokus utama adalah menangani situasi darurat di lapangan. Jumlah korban yang mengalami luka masih belum dapat dipastikan.(ab)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *