Padang Banjir, Ribuan Rumah Terendam

Warga bersih-bersih setelah banjir merendam rumahnya.
Warga bersih-bersih setelah banjir merendam rumahnya.

PadangKota Padang dilanda banjir parah akibat curah hujan yang tinggi pada Kamis malam (13/07/2023) hingga Jum’at dini hari (14/07/2023).

Hujan deras terus mengguyur Kota Padang mulai pukul 19.20 WIB pada Kamis, 13 Juli 2023, dan berlanjut hingga dini hari Jumat, 14 Juli 2023.

Dampaknya, ribuan rumah yang berada di wilayah barat, utara, dan selatan Kota Padang terendam banjir. Saat ini belum ada laporan mengenai korban jiwa akibat bencana alam ini.

Curah hujan yang tinggi terus mengguyur Kota Padang selama sekitar delapan jam tanpa henti. Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) memperkirakan bahwa hujan masih akan terus berlanjut pada Jumat (14/07/2023) pagi ini.

Beberapa daerah pemukiman di Kota Padang tergenang banjir, termasuk beberapa ruas jalan dan fasilitas publik. Tinggi genangan air bervariasi, mulai dari ketinggian mata kaki hingga mencapai 2-3 meter atau setinggi atap rumah.

Baca Juga  Pasar Raya Kota Padang Terbakar Hebat

Beberapa wilayah yang terkena dampak banjir antara lain Kelurahan Belimbing, Lapai, Padang Pasir, Ulak Karang, Ampang Kuranji, Pampangan Lubuk Begalung, Jalan Veteran Dalam, Sumpur, dan Pasa Gadang dan di daerah yang terletak di daerah kerendahan yang sudah biasa jadi langganan banjir setiap hujan lebat.

Kawasan lain yang juga terdampak banjir meliputi GOR Haji Agus Salim, Siteba, Nanggalo, Jondul, dan Rawang.

Selain banjir, beberapa titik lokasi juga dilaporkan mengalami longsor, termasuk salah satunya terjadi di jalan akses Gunung Padang.

Baca Juga  Intensitas Hujan Masih Tinggi, Fenomena El Nino Belum Berdampak di Kota Padang

Tim Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kota Padang sedang bekerja di lapangan untuk mengumpulkan informasi dan mengevaluasi titik-titik lokasi banjir yang ada di Kota Padang.

“Kami terus mengumpulkan informasi dan tim kami sedang melakukan peninjauan di lapangan,” kata Hariza Riko, Humas BPBD Padang. (ab)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *