Pelayaran Lingkar Nusantara-11 Kunjungi Koarmada III dan Resimen Kavaleri 3 Marinir

Sorong, fajarharapan.id – Kepala Staf Koarmada III Laksamana Pertama TNI Singgih Sugiarto menyambut dan menerima 330 personel Pelayaran Lingkar Nusantara (Pelantara) 11 Tahun 2023 dalam rangka Sail Teluk Cenderawasih-23, di Lapangan Apel Mako Koarmada III, Katapop Kab Sorong Papua Barat Daya. Selasa (28/11/23).

Dalam arahannya Kepala Staf Koarmada III, berharap melalui kegiatan Pelantara ini, dapat terwujud rasa kesadaran bela negara dan cinta tanah air, serta kesadaran sosial dan kepedulian untuk pelestarian lingkungan hidup daerah pesisir serta terbentuknya sikap disiplin dan berperan aktif sebagai kader bangsa dalam mempertahankan NKRI dan membangun bangsa di bidang kemaritiman.

Kegiatan Pelantara-11 merupakan upaya TNI Angkatan Laut dalam melaksanakan pemberdayaan wilayah pertahanan laut melalui pembinaan dan pengembangan Satuan Karya Pramuka (Saka) Bahari dalam rangka “National Charakter Building”.

Baca Juga  Briefing Awal Latihan Kesiapsiagaan Operasional SAR Koarmada III

Pembinaan generasi penerus bangsa anggota Saka Bahari dilaksanakan dalam bentuk kegiatan perkemahan dan pelayaran menggunakan Kapal Perang TNI AL atau KRI, dengan menyinggahi pulau-pulau terdepan di wilayah NKRI dan melaksanakan perkemahan pesisir di tepi pantai.

Kegiatan Pelantara-11 tersebut, sebelumnya mengikuti Sail Teluk Cenderawasih-23 di Biak Papua dan On Board di KRI Banda Aceh -593, dan selama kunjungan di Koarmada III didampingi Asisten Potensi Maritim Danlantamal XIV Sorong Letkol Laut (P) Martinus Sir untuk melaksanakan kunjungan / Ship Tour ke KRI Fatahillah-361 dan KRI Teluk Lada-521 yang sedang sandar di Dermaga Mako Koarmada III, serta berkesempatan berkunjung ke Resimen Kavaleri 3 Marinir untuk dikenalkan dengan alutsista yang dimilki Pasmar 3 Sorong dan selanjutnya kunjungan ke Hutan Wisata Mangrove Klamana Sorong serta menjumpai tokoh masyarakat baik militer maupun sipil yang berada di Sorong, diantarnya Aspotmar Pangkoarmada III, Kadispora Prov. Papua Barat Daya dan Ketua LMA Prov. Papua Barat Daya. (Koarmada III)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *