Waktu yang Dibutuhkan untuk Turunkan Kolesterol dengan Pola Makan

Kolesterol
ilustrasi

Jakarta – Penanganan kolesterol tinggi secara efektif melibatkan kombinasi perubahan gaya hidup sehat dan penggunaan obat-obatan. Perubahan gaya hidup ini mencakup pola makan sehat, manajemen berat badan, dan aktivitas fisik teratur. Selain menurunkan kolesterol, perubahan ini memberikan manfaat besar bagi kesehatan secara keseluruhan.

Menurut Nieca Goldberg, Direktur Medis Joan H. Tisch Center for Women’s Health di NYU Langone Medical Center, diperlukan waktu antara tiga hingga enam bulan untuk mengurangi kolesterol jahat dengan hanya mengubah pola makan dan berolahraga. Konsistensi dalam perubahan gaya hidup sangat penting untuk hasil yang signifikan.

Berikut adalah beberapa tips untuk mengatur pola makan guna menurunkan kolesterol:

Baca Juga  1.550 Hewan Kurban di Padang Lulus Pemeriksaan ASUH
  1. Hindari lemak trans: Lemak trans dapat ditemukan dalam margarin, minyak nabati terhidrogenasi, makanan olahan, dan makanan kemasan.
  2. Kurangi konsumsi lemak jenuh: Sumbernya termasuk daging merah, kulit ayam, mentega, dan produk susu tinggi lemak.
  3. Pilih lemak tak jenuh tunggal: Alpukat, kacang-kacangan, dan minyak zaitun adalah sumber yang baik.
  4. Konsumsi lemak tak jenuh ganda: Omega-3 dan omega-6 dari salmon, kenari, dan minyak bunga matahari membantu menurunkan kolesterol.
  5. Tingkatkan asupan serat larut: Sayuran, buah-buahan, biji-bijian, dan kacang-kacangan kaya akan serat larut yang mendukung kesehatan pencernaan dan menurunkan kolesterol.
Baca Juga  Cegah Kambuhnya Asam Lambung dengan Minyak Zaitun

Kombinasi tips di atas dapat membantu mengurangi kolesterol jahat dan meningkatkan kesehatan jantung secara keseluruhan. (des)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *