Kunci Pencegahan Kanker Payudara, Makanan Bergizi yang Dapat Melawan Risiko

Kanker Payudara
Kanker Payudara

Jakarta – Untuk mencegah kanker payudara, penting bagi kita untuk memperhatikan pola makan yang sehat. Kanker payudara, yang biasanya menyerang perempuan berusia di atas 50 tahun, menjadi perhatian serius di Indonesia.

Menurut data Kementerian Kesehatan RI, kasus kanker payudara mencapai 65.858, menyumbang sekitar 16,6 persen dari total kasus kanker di Indonesia. Faktor-faktor seperti konsumsi alkohol yang berlebihan, obesitas, serta merokok dapat meningkatkan risiko terkena kanker payudara.

Namun, ada langkah yang dapat kita lakukan untuk mengurangi risiko tersebut, salah satunya adalah dengan menjaga pola makan dan mengonsumsi makanan yang kaya akan nutrisi.

Berikut beberapa jenis makanan yang bisa membantu dalam mencegah kanker payudara:

1.Sayuran hijau seperti kubis, bayam, dan sawi, yang mengandung antioksidan untuk melawan radikal bebas yang dapat menyebabkan peradangan dan kanker.

Baca Juga  Sumatera Barat: 5 Jenis Rendang yang Lezat dan Populer Selain Rendang Sapi

2.Sayuran allium seperti bawang putih, bawang bombay, dan daun bawang, yang memiliki senyawa anti-kanker yang kuat seperti organosulfur dan flavonoid.

3.Buah beri yang mengandung antioksidan untuk melindungi sel-sel tubuh dari kerusakan dan pertumbuhan sel kanker.

4.Makanan fermentasi seperti yogurt dan tempe, yang mengandung kalsium untuk mengurangi risiko perkembangan tumor dalam tubuh.

5.Bumbu dan rempah seperti kunyit dan lada hitam, yang mengandung vitamin, asam lemak, dan polifenol antioksidan yang dapat membantu melawan kanker.

6.Ikan kembung yang kaya akan omega-3, selenium, dan antioksidan, telah terbukti dapat mengurangi risiko terkena kanker payudara.

7.Kacang kenari yang mengandung asam alfa-linolenat, telah terbukti melalui penelitian untuk mengurangi risiko kanker payudara.

Baca Juga  Keamanan Konsumsi Nasi Panas Ulang: Langkah Aman yang Harus Diketahui

Dengan mengonsumsi makanan-makanan ini secara teratur, diharapkan dapat membantu menjaga kesehatan payudara dan menurunkan risiko terkena kanker payudara. Oleh karena itu, penting bagi kita untuk selalu menjaga pola makan yang seimbang dan sehat.(des)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *