Jateng  

Sambut Musim Penghujan Dengan Pembersihan Alur Sungai

Pati, fajarharapan.id – Musim kemarau tahun ini terasa sangat panjang dan sangat  berdampak bagi masyarakat Pati. Dampak tersebut antara lain kekeringan yang terjadi dibeberapa kecamatan di Kabupaten Pati. Selain  dampak kekeringan juga timbul masalah lain diantaranya banyaknya sampah yang menumpuk di alur sungai. Untuk mengurangi dampak tersebut Koramil 0718-01/Pati bersama Pemdes Sarirejo dan PT Garuda Food  mengadakan karya bakti pembersihan alur sungai Simo yang mengalir diwilayah Desa Sarirejo. Selasa (31/10/2023)

Karya bakti yang dipimpin langsung Komandan Koramil 0718-01/Pati Kapten Cba M. Zuhri Antoro dilaksanakan di alur sungai Simo tepatnya disekitar PT Garuda Food  jalur pantura Pati-Juwana yang masih masuk wilayah Desa Sarirejo. Komandan Koramil 0718-01/Pati Kapten Cba M. Zuhri Antoro dalam kesempatan tersebut mengatakan kegiatan karya bakti ini terlaksana atas kerjasama antara Koramil pihak desa dan dari pihak PT Garuda Food melalui Babinsa.

“ Ini wujud koordinasi yang baik antara Babinsa dengan pihak desa serta dari pihak PT Garuda Food dalam kepedulian lingkungan. Selain itu kegiatan ini sebagai upaya mengantisipasi datangnya musim penghujan,” Ungkap Danramil.

Baca Juga  Peringatan Isra Mi'raj Nabi Muhammad SAW 1445 H / 2024 M di Batalyon Yonarmed 11/GG/2/2 Kostrad

Sementara itu Haryanto selaku ketua pelaksana dari pihak PT Garuda Food menyatakan kegiatan ini sebagai bentuk kepedulian dan rasa tanggung jawab dari perusahaan terhadap lingkungan sekitar. Dengan menggandeng Pemdes serta  Koramil 0718-01/Pati  hal ini juga membuktikan terjalin sinergitas dengan berbagai instansi.

“ Selain untuk menjaga kebersihan lingkungan kegiatan ini juga dimaksudkan sebagai bentuk tanggung jawab perusahaan terhadap lingkungan sekitarnya,” ungkapnya.

Kades Sarirejo Wiku Harianto ditempat yang sama mengatakan sangat mendukung apa yang dilaksanakan hari ini dimana selama ini belum pernah dilaksanakan kerja bakti pembersihan alur sungai Simo yang berada di wilayah Desa Sarirejo. Kedepannya ia berharap agar pelaksanaan karya bakti ini terus berlanjut tidak hanya disekitar PT Garuda Food akan tetapi diwilayah lainnya.

Baca Juga  Kunjungan Kerja Wakil Presiden RI di Kabupaten Pati

“ Kami dari pihak desa sangat mendukung kegiatan pembersihan sungai untuk mengurangi dampak meluapnya air ketika musim hujan tiba. Perlu diketahui ketika musim hujan tiba wilayah Desa Sarirejo sangat terdampak dengan meluapnya sungai Simo untuk itu dengan pembersihan ini diharapkan ketika hujan tiba aliran sungai bisa lancar,” ungkap Kades.

Dalam karya bakti ini Koramil 0718-01/Pati, Pemdes Sarirejo dan dari pihak PT Garuda Food   mengerahkan segenap anggotanya yang dikoordinir langsung oleh Babinsa Desa Sarirejo yang juga anggota Koramil 0718-01/Pati Serda Hadi Sunarto. Tanpa canggung anggota Koramil serta yang lain langsung turun ke lokasi pembersihan dengan mengangkat sampah maupun memberihkan rumput yang berada di alur sungai Simo. Banyak sekali sampah rumah tangga serta plastik yang bertebaran, selain itu rumput dan ranting  pohon serta sampah lainnya turut diangkat agar kedepannya aliran sungai dapat kembali lancar. (m@s)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *