Jateng  

Jelang HUT  ke 78 RI, Kecamatan Margoyoso Adakan Seleksi Paskibra

Pati, fajarharapan.id – Setelah 3 tahun vakum dalam pelaksanaan upacara peringatan Hari Kemerdekaan Negara Republik Indonesia di karenakan pandemi covid-19, sehingga pelaksanaan upacara peringatan HUT RI tahun ini bisa dilaksanakan kembali dengan formasi lengkap. Di tingkat Kecamatan Margoyoso, Kabupaten Pati saat ini sedang melaksanakan beberapa tahapan pelaksanaan seleksi team Paskibra tahun 2023 yang di mulai pada hari Rabu (12-7-2023).

Seksi upacara beserta tim pelatih dari unsur TNI dan Polri, Dinas Kesehatan, praktisi pendidikan dan seluruh peserta anggota calon Paskibraka dari berbagai sekolah di Kecamatan Margoyoso hadir, sekaligus mengikuti kegiatan tersebut.

Ketua umum Panitia HUT RI Ke 78 Kecamatan Margoyoso Susanto SE,. M.Si (Kades Bulumanis Kidul) mengungkapkan, proses seleksi anggota Paskibraka dengan sistem terbaru, pada tahun 2023 ini 10 lembaga pendidikan dari 13 sekolah di Kecamatan Margoyoso seperti SMK Kesuma, MA Salafiyah, SMK Cordova, SMK Gajahmada, SMK Salafiyah, MA Khoiriyah, Al-Hikmah, ITB, Manabiul Falah dan Roudhlotussyuban mengirimkan para siswa-siswinya untuk mengikuti seleksi calon anggota Paskibraka.

Baca Juga  Tentara Sahabat Anak, Ratusan Anak TK Serbu Korem Korem 073/Makutarama

“Paskibraka ini menjadi daya tarik, apalagi bisa diterima jadi anggota Paskibraka ini juga suatu kebanggaan untuk pribadi masing-masing siswa, kebanggan sekolah, dan tentunya kebanggaan untuk orang tua,dengan memaksimalkan kesempatan dengan mempersiapkan mental, fisik, dan ilmu pengetahuan untuk mengikuti pelaksanaan seleksi,” Ungkapnya.

“Keseriusan dan kedisiplinan untuk mengikuti tahapan-tahapan ini harus dipersiapkan dengan baik. Harapannya, InsyaAllah besuk bisa menguasai mayoritas Paskibraka tingkat kecamatan maupun Paskibraka tingkat kabupaten,”  harapnya.

Pada kesempatan yang sama Kasi Trantib kecamatan margoyoso Ahmad Yulianto SH mengatakan wawasan kebangsaan serta rasa nasionalisme menjadi bekal yang sangat penting bagi calon anggota Paskibraka. Untuk itu, sesuai arahan dari  Camat Margoyoso mengajak tidak hanya anggota seleksi Paskibraka saja yang harus memiliki wawasan kebangsaan dan rasa nasionalisme, tetapi juga seluruh anak-anak sekolah, khususnya di Kecamatan Margoyoso.

Baca Juga  Sambut Musim Penghujan Dengan Pembersihan Alur Sungai

“Karena itu, menjadi kekuatan bangsa dan negara kita, kalau rasa nasionalisme nya sudah tidak ada, negara ini akan mudah untuk dihancurkan. Mereka peduli terhadap bangsa dan negara ini, mulai dari lingkungannya masing-masing,” tegasnya.

Proses seleksi yang akan ditempuh oleh calon anggota Paskibraka akan melakukan tes peraturan baris-berbaris, dan tes kepribadian, dengan melibatkan berbagai unsur terkait dilaksanakan secara transparan.

“Yang paling penting, seleksi ini dilaksanakan dengan asas transparansi, semua orang berhak untuk mendaftar dan dilaksanakan dengan sistem yang sangat terbuka. Tahun ini, dilaksanakan oleh Koramil 06 /Margoyoso atas penunjukan dari Ketua Panitia,” tutupnya. (ipoel)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *