Jambi  

Gubernur Jambi dan RS Vertikal Kemenkes Jalin Kesepakatan Meningkatkan Pelayanan

Jambi, fajarharapan.id Gubernur Jambi Dr. H. Al Haris, S.Sos., MH bersama pimpinan rumah sakit vertikal tandatangani MoU terkait dengan peningkatan 9 Layanan Kesehatan unggulan dari Program Kementerian Kesehatan di Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Raden Mattaher Jambi di Auditorium Rumah Dinas Gubernur Jambi pada hari Senin (5/2/2024).

Penandatanganan tersebut dihadiri oleh para pimpinan rumah sakit vertikal, antara lain Rumah Sakit Kanker Dharmais Jakarta, Rumah Sakit Umum Pusat DR. Mohammad Hoesin Palembang, Rumah Sakit Umum Persahabatan, Rumah Sakit Anak dan Bunda Harapan Kita, Rumah Sakit Umum Pusat Dr. Cipto Mangunkusumo, Rumah Sakit Umum Pusat Dr. M. Djamil Padang, Rumah Sakit Umum Pusat Fatmawati, Rumah Sakit Jiwa Dr. H. Marzoeki Mahdi, dan Rumah Sakit Penyakit Infeksi Prof. Dr. Sulianti Saroso.

Dalam nota kesepahaman ini, terdapat 9 Layanan Kesehatan Unggulan di Rumah Sakit Umum Daerah Raden Mattaher, seperti Layanan Kanker, Layanan TBC dan Respirasi, Layanan Penyakit Infeksi Emerging (PIE), Layanan Kesehatan Ibu dan Anak (KIA), Layanan Uronefrologi, Layanan Diabetes Militus dan Gastrohepatologi, serta Layanan Kesehatan Jiwa.

Baca Juga  Gubernur Jambi Dorong Amal Ibadah dalam Safari Ramadan di Kota Jambi

Dalam sambutan dan arahannya, Gubernur Al Haris menyatakan bahwa inisiatif ini merupakan langkah luar biasa dalam memperkuat RSUD dengan peralatan yang diperlukan.

“Penambahan peralatan rumah sakit ini sangat penting bagi kami di Jambi. Kami berharap bahwa dengan peningkatan ini, RSUD akan dapat lebih melayani masyarakat secara maksimal, terutama mengingat keterbatasan peralatan untuk layanan prioritas di Jambi,” ujar Gubernur Al Haris.

Beliau juga berharap bahwa kesepakatan MoU dengan rumah sakit vertikal Kemenkes ini akan membantu meningkatkan akses layanan kesehatan bagi masyarakat Provinsi Jambi, sehingga tidak ada lagi yang perlu berobat ke luar negeri.

“Kami berharap bahwa kesepakatan ini akan membawa perubahan positif bagi pengalaman masyarakat Jambi dalam mendapatkan pelayanan kesehatan, tanpa harus pergi ke luar daerah atau bahkan ke luar negeri. Melalui kesepakatan ini, kami berharap dapat meningkatkan kualitas layanan kesehatan di RSUD Provinsi Jambi, sehingga dapat setara dengan rumah sakit pengampu,” tambah Gubernur Al Haris.

Lebih lanjut, Gubernur Al Haris menyatakan bahwa Pemerintah Provinsi Jambi akan terus mendukung berbagai upaya untuk meningkatkan kualitas dan akses layanan kesehatan bagi seluruh masyarakat Provinsi Jambi.

Baca Juga  Provinsi Jambi Targetkan Angka Stunting Turun Sebesar 12 Persen Tahun 2024

Komitmen ini akan terus dilakukan dengan memperkuat kerjasama dengan Pemerintah Pusat, Pemerintah Kabupaten/Kota, serta semua pemangku kepentingan lainnya, demi meningkatkan kompetensi dan kualitas pelayanan kesehatan.

Dalam sesi Video Conference, Wakil Menteri Kesehatan Republik Indonesia, Prof. dr. Dante Saksono Harbuwono, Sp.PD-KEMD, Ph.D menyatakan bahwa dengan semangat kolaborasi antara Kementerian Kesehatan, Pemerintah Daerah, dan stakeholder lainnya, akan terus ditingkatkan akses terhadap layanan rumah sakit dan puskesmas di seluruh daerah, termasuk di Kecamatan Batang Asai.(*)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *