Jambi  

Harga TBS dan CPO di Jambi Mengalami Penurunan

tandan buah segar
tandan buah segar

Jambi, fajarharapan.id – Tim perumus harga Tandan Buah Segar (TBS) kelapa sawit Provinsi Jambi mengonfirmasi terjadinya penurunan harga pada rentang 1 hingga 7 Desember 2023. Selain itu, harga minyak sawit mentah atau Crude Palm Oil (CPO) juga mengalami penurunan dalam periode yang sama.

Agus Rizal, Kepala Dinas Perkebunan Provinsi Jambi, mengakui adanya penurunan tersebut.

“Harga minyak sawit mentah atau CPO turun sebesar Rp 29 per kilogram, dari Rp 11.159 menjadi Rp 11.130 per kilogram,” ujarnya.

Agus menyatakan bahwa tim juga menyetujui penurunan harga TBS kelapa sawit dengan usia 10-20 tahun sebesar Rp 14 per kilogram, dari Rp 2.476 menjadi Rp 2.462 per kilogram.


“Sementara itu, harga inti sawit turun signifikan sebesar Rp 272 per kilogram, dari Rp 5.252 menjadi Rp 5.080 per kilogram,” tambahnya.

Harga TBS yang ditetapkan ini diperuntukkan bagi petani yang telah menjalin kemitraan dengan perusahaan pengolahan kelapa sawit.

Pemerintah Provinsi Jambi membentuk satuan tugas (satgas) untuk mengawasi harga TBS kelapa sawit di daerah, bertindak sebagai perpanjangan tangan Pemerintah Provinsi.

Baca Juga  Gubernur Jambi dan RS Vertikal Kemenkes Jalin Kesepakatan Meningkatkan Pelayanan

Agus juga merinci harga TBS di Jambi berdasarkan usia tanaman pada periode ini, yakni:

Usia tanam tiga tahun: Rp 1.944 per kilogram.
Usia tanam empat tahun: Rp 2.855 per kilogram.
Usia tanam lima tahun: Rp 2.151 per kilogram.
Usia tanam enam tahun: Rp 2.242 per kilogram.
Usia tanam tujuh tahun: Rp 2.299 per kilogram.
Usia tanam delapan tahun: Rp 2.346 per kilogram.
Usia tanam sembilan tahun: Rp 2.393 per kilogram.
Rentang usia tanam 10 hingga 20 tahun: Rp 2.462 per kilogram.
Usia tanam 21 hingga 24 tahun: Rp 2.385 per kilogram.
Usia tanam di atas 25 tahun: Rp 2.269 per kilogram.

Penurunan harga TBS dan CPO ini didasarkan pada hasil rapat penetapan harga CPO, TBS, dan inti sawit yang melibatkan tim perumus dari para pengusaha, koperasi, dan kelompok tani sawit. Keputusan ini mengacu pada peraturan yang dikeluarkan oleh menteri dan gubernur.

Baca Juga  Jambi Jadi Tuan Rumah Pembukaan Seri Pertama POBSI Pool Circuit 2024

Harga TBS bervariasi tergantung pada usia masa tanaman. Harga yang telah ditetapkan juga berlaku bagi petani sawit yang telah menjalin kemitraan dengan pabrik pengolahan kelapa sawit.

“Untuk menjaga stabilitas harga TBS di Jambi, pemerintah menganjurkan kepada seluruh kabupaten agar membentuk tim pemantau harga kepala sawit di wilayah masing-masing,” tutupnya.(kaz)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *