Jamaah Haji Dunia Berkumpul di Gunung Arafah

Jamaah Haji
Umat Islam memadati Jabal Rahmah menjelang wukuf di Arafah, Makkah, Arab Saudi, Sabtu (15/6/2024).

Jakarta – Lebih dari 1,8 juta orang dari berbagai penjuru dunia berkumpul di Gunung Arafah pada Sabtu (15/6) untuk memulai ibadah haji tahunan, demikian diumumkan oleh Kementerian Haji dan Umrah Arab Saudi.

Menteri Haji dan Umrah, Tawfiq Al-Rabiah, menyatakan bahwa jamaah telah mulai berkumpul di Arafah, yang merupakan bagian penting dari ibadah haji yang berlangsung selama enam hari. Total jumlah calon haji tahun ini mencapai lebih dari 1,8 juta orang, termasuk 221.854 dari dalam kerajaan Saudi. Jamaah ini datang dari lebih dari 200 negara, menurut Al-Rabiah.

Data dari Otoritas Umum Statistik Saudi menunjukkan bahwa calon haji laki-laki berjumlah 958.137 orang, sedangkan calon haji perempuan berjumlah 875.027 orang. Dari total jamaah tersebut, 22,3 persen berasal dari negara-negara Arab, 63,3 persen dari negara-negara Asia non-Arab, dan 11,3 persen dari negara-negara Afrika non-Arab.

Baca Juga  Perbaikan Infrastruktur Tertunda di Islandia, Letusan Gunung Berapi Rusak Pipa Air Panas

Sedangkan jamaah dari Eropa, Amerika, Australia, dan negara-negara lainnya yang tidak disebutkan berjumlah 3,2 persen dari total calon haji.

Terkait dengan rute kedatangan calon haji dari luar kerajaan Saudi, sebanyak 1.546.345 orang tiba melalui jalur udara, 60.253 orang melalui jalur darat, dan 4.714 orang melalui jalur laut, berdasarkan sumber yang sama. (des)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *