Empat Pesawat Rusia Diduga Langgar Udara Finlandia

Pesawat Rusia
Jet tempur MiG-31 Rusia yang dilengkapi dengan rudal hipersonik Kinzhal terbang di atas Lapangan Merah, Moskow, saat latihan flypast, 7 Mei 2022.

Helsinki – Finlandia mencurigai empat pesawat tempur Rusia telah melanggar wilayah udara negara Nordik yang baru saja bergabung dengan NATO tahun lalu pada Senin (10/6/2024). Menurut Korps Penjaga Perbatasan Finlandia, keempat pesawat tersebut terdiri dari dua pesawat pembom dan dua jet tempur, yang terdeteksi mendekati wilayah udara Finlandia sekitar 2,5 km di dekat Kota Loviisa.

Sebelumnya, Kementerian Pertahanan Finlandia melaporkan hanya satu pesawat Rusia yang dicurigai melanggar wilayah udara di atas Teluk Finlandia selama dua menit. Namun, hasil penyelidikan lebih lanjut menunjukkan adanya indikasi bahwa tiga pesawat lain juga melakukan pelanggaran serupa.

“Pelanggaran wilayah udara yang disengaja dan serius seperti ini memicu reaksi dari pihak kami, tetapi penyelidikan masih berlanjut dan Penjaga Perbatasan Finlandia bertanggung jawab atas penanganannya,” kata Jenderal Janne Jaakkola, Panglima Pertahanan Finlandia, kepada Reuters.

Baca Juga  Pengiriman Rudal Balistik Iran ke Rusia Perkuat Hubungan Militer

Berdasarkan data Kementerian Pertahanan, pelanggaran teritorial sebelumnya oleh pesawat Rusia yang dikonfirmasi terjadi pada Agustus 2022.(des)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *