Penarikan Pasukan Nahal, Israel Bersiap untuk Invansi Rafah

Penarikan Pasukan
Ribuan tenda pengungsian di Rafah, Jalur Gaza.

Gaza Palestina melaporkan bahwa militer Israel telah melakukan pemindahan paksa terhadap warga di Rafah timur. Tindakan ini terjadi di tengah-tengah rencana potensial invasi oleh pasukan Zionis ke wilayah tersebut.

Menurut Radio Militer Israel, pengusiran warga tersebut terjadi sebelum “serangan militer” yang direncanakan. Mereka melaporkan bahwa pasukan telah memaksa warga untuk pindah ke area Khan Younis dan Al Mawasi, seperti yang dilaporkan oleh Al Jazeera.

Pada akhir April, Israel juga melakukan penarikan mundur Brigade Nahal dari Jalur Gaza. Radio Tentara Israel menginformasikan bahwa pasukan Nahal akan diberi waktu istirahat, pemulihan, dan pelatihan sebelum kemungkinan invasi di Rafah.

Baca Juga  Potensi Pelemahan Rupiah Terbuka Akibat Konflik Palestina-Israel

Media Israel juga melaporkan bahwa pasukan yang ditarik akan digantikan oleh Brigade Lapis Baja ke-679 dan Brigade Infanteri ke-2, seperti yang dilaporkan oleh Anadolu Agency.

Lembaga penyiaran publik Israel, KAN, menyatakan bahwa militer berencana untuk melakukan invasi ke Rafah dalam waktu dekat. Ini terjadi setelah pernyataan sebelumnya dari militer Israel yang menyatakan bahwa mereka telah siap dan hanya menunggu perintah dari Perdana Menteri Benjamin Netanyahu.

Rencana invasi Rafah ini muncul di tengah-tengah agresi yang masih berlangsung oleh pasukan Israel di Gaza sejak Oktober 2023. Selama agresi tersebut, pasukan Israel telah melancarkan serangan yang melibatkan warga dan objek sipil, termasuk rumah sakit, kamp pengungsian, dan tempat ibadah. Imbas dari serangan tersebut, lebih dari 34.000 jiwa di Palestina dilaporkan meninggal.

Baca Juga  Sungguh Biadab, Israel Sewa Tentara Neo-Nazi untuk Bantai Sipil Palestina

Pencaplokan Rafah oleh Israel telah lama direncanakan dan merupakan bagian dari strategi mereka di tengah agresi yang sedang berlangsung di Gaza.(des)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *