KRI Sultan Iskandar Muda-367 Tiba di India


Jakarta, fajarharapan.id — Setelah menempuh pelayaran lintas laut (Linla) Samudera Hindia selama 4 hari, KRI Sultan Iskandar Muda-367 (KRI SIM-367) tiba di Dermaga Naval Dockyard Visakhapatnam, India, Minggu (18/02) kemarin.

Kedatangan KRI SIM-367 disambut hangat oleh Atase Pertahanan Republik Indonesia (Athan RI) untuk India, Laksamana Pertama TNI Didik Kurniawan, S.T., M.Si., beserta para staf dan berkesempatan mengunjungi KRI SIM-367.

Athan RI dalam sambutannya mengucapkan selamat datang dan selamat berlatih di India. Selain itu Athan RI juga menekankan agar seluruh personel Satgas Latma Milan 2024 TNI AL tetap semangat dan bekerja dengan profesional, sehingga dapat membawa nama baik bangsa Indonesia di kancah Internasional.

Komandan KRI SIM-367 sekaligus Dansatgas Latma Milan 2024 TNI AL, Letkol Laut (P) Mochamad Fuad Hasan, S.E., MMDS., mengungkapkan rasa terima kasih yang mendalam dan melaporkan kesiapan prajurit dan alutsista TNI AL dalam menghadapi berbagai kegiatan dan serial latihan selama Latma Milan 2024.

Baca Juga  Prabowo Terima Surat Ucapan Selamat dari Biden, Apresiasi Hubungan AS-Indonesia

Kedatangan di Visakhpatnam, India merupakan langkah awal prajurit KRI SIM-367 dalam partisipasinya sebagai salah satu peserta Latma Milan 2024. Seluruh prajurit akan melaksanakan berbagai latihan bersama dengan personel Angkatan Laut dari 47 negara lainnya.

Selain berlatih bersama dengan negara sahabat, KRI SIM-367 juga berperan sebagai duta bangsa, dimana pada kesempatan ini akan diperkenalkan budaya dan pesona Indonesia melalui berbagai kegiatan pada saat harbour phase, khususnya pada kegiatan Milan Village.

Baca Juga  Flight Data Recorder Super Tucano Telah Ditemukan

Multilateral Naval Exercise (MNE) Milan merupakan Latihan Bersama Multilateral yang dilaksanakan setiap dua tahun antara Indian Navy dengan negara-negara sahabat sejak tahun 1995, dengan tujuan untuk meningkatkan kerja sama dan profesionalisme militer serta menambah pengetahuan dan pengalaman dalam melaksanakan Operasi Laut melalui Latihan Multilateral yang berskala besar di laut.

Keterlibatan TNI AL dalam Latma Milan 2024 merupakan salah satu program TNI AL dengan Indian Navy dalam rangka meningkatkan profesionalisme, mempererat hubungan kerja sama, dan secara eksternal memiliki tujuan untuk meningkatkan peran diplomasi TNI AL yang sesuai dengan program prioritas Kepala Staf Angkatan Laut (Kasal) Laksamana TNI Dr. Muhammad Ali. (Dispenal)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *