KRI Frans Kaisiepo-368 Dianugerahi Letter of Commendation Dalam Transfer of Authority Ke KRI Diponegoro-365


Lebanon, fajarharapan.id — Tinta emas kembali ditorehkan duta bangsa Indonesia dalam misi perdamaian dunia, KRI Frans Kaisiepo-368 menerima penganugerahan Letter of Commendation dalam Transfer of Authority (TOA) ke KRI Diponegoro-365 yang dipimpin oleh MTF Commander, Rear Admiral Dirk Gurtner (Jerman) saat kedua kapal perang kebanggaan Indonesia tersebut sandar di Dermaga Beirut, Lebanon, Selasa (09/01) kemarin.

Penghargaan tertinggi PBB yang ditandatangani Head of Mission/ Force Commander, Major General Aroldo Lazaro Saenz (Spanyol) tersebut diberikan atas kontribusi luar biasa dalam mengemban mandat, kesigapan merespon panggilan kemanusiaan, keteladanan, dan pengabdian melebihi panggilan tugas.

MTF Commander dalam amanatmya menyampaikan apresiasi tinggi dan rasa bangga atas pengabdian KRI Frans Kaisiepo-368 yang telah mengemban mandat dengan luar biasa melebihi panggilan tugas. Hal tersebut akan selalu dikenang dan menjadi teladan bagi seluruh unsur MTF.

Lebih lanjut MTF Commander juga mengucapkan selamat bergabung kepada KRI Diponegoro-365 dan meyakini akan mampu menjalankan misi dengan komitmen, dedikasi, spirit dan mindset yang sama dengan pendahulunya. Atas nama PBB, MTF Commander secara khusus menyampaikan terima kasih kepada pemerintah Indonesia atas komitmen kuat untuk terus berkontribusi dalam misi perdamaian dunia.

Baca Juga  Salat Tarawih di Amerika, Ribuan Muslim Berdoa di Times Square dan Pusat Agama

Duta Besar LBBP RI untuk Lebanon, Hajriyanto Y. Thohari dalam sambutannya saat resepsi menggarisbawahi berbagai prestasi Satgas termasuk keberhasilan sebagai duta budaya dan pariwisata untuk semakin mempromosikan Indonesia di kancah global.

Sebelumnya telah dilaksanakan secara simbolis serah terima tugas dan tanggung jawab penjaga perdamaian dari Dansatgas MTF TNI Konga XXVIII-N/UNIFIL Letkol Laut (P) John David Nalasakti Sondakh kepada Dansatgas MTF TNI Konga XXVIII-O/UNIFIL Letkol Laut (P) Wirastyo Haprabu, dihadapan MTF Commander dan para undangan.

Bertindak sebagai komandan upacara adalah Wadansatgas MTF TNI Konga XXVIII-N/UNIFIL Letkol Laut (P) Abdiyan Syaiful Hidayat. Upacara TOA menandai bahwa Satgas MTF TNI Konga XXVIII-O/UNIFIL KRI Diponegoro-365 resmi menjadi pasukan perdamaian di Lebanon berdasarkan UNSCR 1701. Upacara dilanjutkan dengan resepsi yang menampilkan kekayaan budaya nusantara di geladak Heli KRI Frans Kaisiepo-368.

Baca Juga  Gaza Bernapas Lega: Perpanjangan Gencatan Senjata Buka Jalan untuk Bantuan Kemanusiaan

Pada kesempatan terpisah, Kepala Staf Angkatan Laut (Kasal) Laksamana TNI Dr. Muhammad Ali menyampaikan kepada seluruh prajurit Jalasena yang tengah bertugas dalam misi perdamaian dunia untuk memberikan yang terbaik dalam setiap tugas yang diamanahkan serta menjaga nama baik TNI AL, Bangsa, dan Negara agar tetap harum di kancah internasional.

Turut dihadiri dalam TOA antara lain Komandan PMPP TNI Laksda TNI Retiono Kunto H., S.E., M.A.P., CRMP, M.Tr.Opsla, Commander in Chief of LAF Navy Admiral Haissam Danaouwi, Komandan Kontingen Garuda UNIFIL Kolonel Inf Syafruddin, Chief of Staff MTF Kolonel Laut (P) Abdul Haris, DCO Sector east Kolonel Inf Harri Poernomo. Komandan FHQSU Kolonel Arm Ezra Nathanael dan Para Dansatgas di UNIFIL. (Dispenal)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *