Pembebasan Warga Rusia: Hamas Responsif Terhadap Upaya Diplomasi Rusia

Hamas
Rusia berterima kasih kepada Hamas karena membebaskan sandera

Rusia Kementerian Luar Negeri Rusia menyampaikan rasa terima kasih kepada Hamas setelah dua warga negara Rusia yang disandera berhasil dibebaskan kemarin. Pernyataan tersebut menegaskan bahwa pembebasan kedua sandera tersebut tidak terkait dengan pertukaran antara Israel dan Hamas.

“Dua rekan kami dibebaskan pada tanggal 29 November sesuai dengan kesepakatan yang dicapai dengan pimpinan Hamas,” demikian isi pernyataan tersebut.

“Pihak kami mengucapkan terima kasih kepada pimpinan gerakan Hamas atas respons positif terhadap permintaan kami yang mendesak. Kami akan terus berupaya untuk segera membebaskan warga Rusia lainnya yang masih ditahan di Jalur Gaza,” tambahnya.

Sebagai catatan, enam belas orang yang sebelumnya disandera di Gaza telah diserahkan kepada pejabat Israel pada Rabu, 29 November 2023, sebagai bagian dari perpanjangan gencatan senjata terakhir dalam konflik antara Israel dan Hamas di Gaza.

Baca Juga  Israel Tunda Serangan Darat Skala Besar ke Gaza karena Takut Jebakan Maut Pejuang Palestina

Kejadian ini mencerminkan kejadian sebelumnya selama enam hari terakhir, di mana warga sipil dibebaskan kepada Komite Palang Merah Internasional (ICRC) selama jeda kemanusiaan dan kemudian diangkut ke Israel.

Juru bicara Kementerian Luar Negeri Qatar, Majed Al-Ansari, menjelaskan dalam pernyataan bahwa, sesuai kesepakatan yang dimediasi Qatar, 30 warga Palestina, termasuk 16 anak di bawah umur dan 14 perempuan, akan dibebaskan pada Rabu, 29 November 2023, sebagai bagian dari perjanjian tersebut.

Pembebasan dua warga negara Rusia dan empat warga negara Thailand dilakukan di luar rangkaian perjanjian, sedangkan sepuluh warga Israel yang dibebaskan termasuk lima warga negara ganda, seperti seorang warga negara ganda Belanda yang masih di bawah umur, tiga warga negara ganda Jerman, dan satu warga negara ganda Amerika Serikat (AS).(des)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *