Media Asing Ramai-ramai Sorot Dukungan RI untuk Palestina

Warga Indonesia ramai-ramai dukung Palestina
Warga Indonesia ramai-ramai dukung Palestina

Jakarta, fajarharapan.id – Media asing ramai memberitakan dukungan masyarakat Indonesia terhadap Palestina pada Minggu lalu. Dalam sebuah artikel berjudul “Indonesians join peaceful rally in Jakarta in solidarity with Palestine,” The Strait Times dari Singapura melaporkan bahwa puluhan ribu orang berkumpul di Monumen Nasional (Monas) untuk menyatakan solidaritas dengan Palestina selama konflik di Gaza.

Pertemuan ini digambarkan sebagai yang terbesar di Indonesia sejak pecahnya konflik antara Israel dan Hamas. Peserta aksi mengenakan jubah putih dan syal hitam-putih bertuliskan Palestina sambil mengibarkan bendera Palestina. Mereka juga terdengar meneriakkan “Tuhan Maha Besar” dan “Bebaskan Palestina,” serta menuntut agar pasukan Israel mengakhiri pengepungan di Gaza.

Arab News juga melaporkan aksi serupa di artikel berjudul “Solidarity for humanity’: Hundreds of thousands rally in Jakarta to support Palestine.” Media ini mencatat bahwa Indonesia telah lama menjadi pendukung Palestina, dan masyarakat serta pemerintah Indonesia telah memandang kemerdekaan Palestina sebagai suatu mandat dari konstitusi mereka. Demonstrasi-demonstrasi kecil telah berlangsung sejak awal operasi Israel di Gaza setelah serangan oleh Hamas pada 7 Oktober, dan para aktivis menyebut bulan November sebagai Bulan Solidaritas Palestina.

Baca Juga  Putin Uji Coba Pesawat Nuklir, Rangkul Teknologi Era Uni Soviet

Aksi lintas agama ini diselenggarakan oleh Majelis Ulama Indonesia (MUI) dan melibatkan umat Muslim, Kristen, dan Buddha. Mereka mengecam kekerasan dan kesengsaraan yang dialami warga Palestina di Gaza. Menteri Luar Negeri RI, Retno Marsudi, juga berpidato selama aksi tersebut, menegaskan komitmen Indonesia untuk mendukung Palestina dalam perjuangan mereka.

Baca Juga  Indosat Ukir Sejarah dengan Dua Penghargaan Telekomunikasi Internasional

Selain itu, Al-Jazeera juga meliput demonstrasi ini bersama dengan protes serupa di berbagai negara lainnya dalam artikel “Tens of thousands march across the world for Gaza ceasefire.” Demonstran di Jakarta dan di seluruh dunia menyerukan gencatan senjata di Gaza dan mengecam kekerasan yang terus berlangsung. Al-Jazeera mencatat bahwa ribuan orang berkumpul di kompleks Monumen Nasional (Monas) di Jakarta untuk mendukung warga Palestina di Gaza.

Seluruh liputan ini mencerminkan dukungan yang luas dari masyarakat Indonesia terhadap Palestina selama konflik di Gaza. (*)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *