Presiden Korut Kim Jong Un Bantu Palestina yang Konflik dengan Israel

Kim Jong Un
Pemimpin Korea Utara, Kim Jong Un

Pyongyang – Pemimpin Korea Utara, Kim Jong Un, dikabarkan telah menugaskan para pejabatnya untuk mencari cara membantu Palestina dalam konflik dengan Israel saat ini. Berita ini diungkapkan oleh kantor berita Yonhap pada Rabu (1/11/2023), yang mengutip anggota Parlemen Korea Selatan dari Partai Kekuatan Rakyat Korea Selatan (PPP), Yoo Sang Bum.

Menurut Yoo, laporan dari Badan Intelijen Nasional (NIS) menyatakan bahwa Kim Jong Un bermaksud memberikan bantuan komprehensif untuk Palestina. Yoo menyatakan kecurigaannya bahwa Korea Utara tampaknya berusaha memanfaatkan konflik Israel-Palestina dengan berbagai cara.

NIS juga menyatakan keprihatinan terkait kemungkinan Pyongyang memasok senjata kepada kelompok bersenjata dan negara-negara ketiga. Hal ini disebabkan oleh dugaan bahwa Korea Utara telah memberikan senjata antitank dan peluru artileri kepada Hamas dan Hizbullah pada masa lalu.

Baca Juga  TNI AL dan Vietnam People’s Navy (VPN) Gelar NTNT Ke-7, Ini Dia yang Dibahas

Pada tanggal 7 Oktober lalu, kelompok pejuang Palestina, Hamas, melancarkan serangan roket besar-besaran terhadap Israel dari Jalur Gaza. Serangan tersebut mengakibatkan lebih dari 1.300 orang Israel tewas dan 200-an orang lainnya ditawan oleh Hamas.

Sebagai respons terhadap serangan tersebut, Israel melancarkan serangan balasan dan memerintahkan blokade total terhadap Jalur Gaza, yang merupakan rumah bagi lebih dari 2 juta penduduk. Selain itu, Israel juga memutus pasokan air, makanan, dan bahan bakar ke wilayah kantong Palestina tersebut.

Baca Juga  Hamas Menepis Tuduhan Pemerkosaan Israel sebagai Upaya Putus Asa

Pada tanggal 27 Oktober, Israel memulai serangan darat besar-besaran di Jalur Gaza dengan tujuan untuk melenyapkan para pejuang Hamas dan menyelamatkan para tawanan. Saat ini, lebih dari 8.500 orang di Jalur Gaza telah gugur akibat serangan militer Israel yang terjadi tanpa pandang bulu.(des)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *