China Kecewa dan Kaget, Resolusi Konflik Israel-Gaza Gagal Disahkan oleh PBB

PBB
Suasana sidang Dewan Keamanan PBB di New York, AS (ilustrasi).

New York– Tiongkok mengungkapkan kekecewaan dan kekagetan besar setelah Dewan Keamanan PBB gagal mengesahkan resolusi yang telah dirancang oleh Brasil terkait konflik Israel-Gaza. Pernyataan ini disampaikan oleh Duta Besar China untuk PBB, Zhang Jun, pada hari Rabu (18/10/2023) dalam pertemuan Dewan Keamanan PBB.

Sebelumnya pada hari yang sama, Amerika Serikat memveto rancangan resolusi yang meminta gencatan senjata kemanusiaan serta mendesak Israel untuk membatalkan perintah evakuasi bagi warga Gaza. Sementara itu, Rusia dan Inggris memilih untuk abstain dalam pemungutan suara yang dilakukan di Dewan Keamanan PBB. Menariknya, Rusia sendiri mencoba untuk mengubah rancangan resolusi tersebut dengan mengutuk tindakan Israel. Namun, usulan amendemen oleh Moskow tersebut akhirnya ditolak oleh Dewan Keamanan PBB.

Zhang Jun menyampaikan perasaan kecewa Tiongkok terkait hasil ini, “Fakta bahwa rancangan resolusi tersebut tidak berhasil diadopsi dan reaksi dari kami adalah suatu kejutan dan kekecewaan.”

Baca Juga  30 Tewas Akibat Serangan di Kamp Pengungsi Gaza

Dalam pernyataannya, duta besar China juga mengekspresikan rasa kekecewaan atas penolakan terhadap amendemen yang diajukan oleh Rusia, “Kami juga sangat kecewa karena amandemen resolusi Rusia tidak diterima.”

Situasi ini mencerminkan kompleksitas dan ketegangan yang terus berlanjut dalam konflik Israel-Gaza, serta tindakan diplomasi yang belum mencapai kesepakatan di tingkat internasional.(des)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *