Peristiwa Sejarah pada 8 September: Dari Hari Aksara Internasional hingga Kematian Ratu Elizabeth II

Elizabeth II
Ratu Elizabeth II meninggal dunia pada 8 September 2022

Jakarta – Hari ini, 8 September, merupakan tanggal yang penting dalam sejarah dengan sejumlah peristiwa menarik yang telah tercatat. Dari perayaan Hari Aksara Internasional hingga kematian Ratu Elizabeth II yang telah memimpin Kerajaan Inggris selama 70 tahun. Berikut rangkuman peristiwa sejarah pada tanggal 8 September seperti dilaporkan iNews.id:

  1. Hari Aksara Internasional (8 September 1966)
    Hari Aksara Internasional pertama kali diusulkan pada Konferensi Menteri Pendidikan Sedunia terkait pemberantasan buta huruf yang diadakan pada 8-19 September 1965. Setahun kemudian, UNESCO (United Nations Educational, Scientific and Cultural Organization) menetapkan dan memproklamirkan Hari Aksara Internasional pada 8 September 1966. Tujuan dari perayaan ini adalah untuk mengingatkan masyarakat akan pentingnya literasi sebagai bagian dari martabat dan hak asasi manusia.
  2. Debut Star Trek (8 September 1966)
    Serial televisi fiksi ilmiah Amerika Serikat, Star Trek, pertama kali tayang di NBC pada 8 September 1966. Karya dari Gene Roddenberry ini mengisahkan petualangan awak kapal luar angkasa USS Enterprise yang dipimpin oleh Kapten James T. Kirk. Serial ini menjadi ikonik dan terkenal dengan pesan-pesan filosofisnya. Star Trek juga diadaptasi menjadi berbagai bentuk konten seperti game, film, dan banyak lagi.
  3. Richard Nixon Mundur dari Kursi Presiden Amerika Serikat (8 September 1974)
    Presiden Amerika Serikat ke-37, Richard Nixon, mengundurkan diri dari jabatannya pada 8 September 1974. Keputusannya ini dipengaruhi oleh skandal Watergate di mana ia dituduh terlibat dalam pembobolan kantor kampanye lawan politiknya. Nixon mengakhiri masa pemerintahannya dan digantikan oleh Gerald Ford.
  4. Pesawat USAir 427 Jatuh, 132 Tewas (8 September 1994)
    Pada tanggal ini, pesawat USAir 427 mengalami kecelakaan saat hendak mendarat di landasan West Palm Beach, Florida. Tragedi ini menyebabkan seluruh 132 penumpang tewas. Kecelakaan dimulai ketika pesawat sedang dalam penerbangan dari Chicago menuju Pittsburgh. Pesawat tiba-tiba mengalami masalah dan akhirnya jatuh dengan kecepatan tinggi setelah usaha pilot dan kopilot untuk mengendalikannya tidak berhasil.
  5. Kematian Ratu Elizabeth II (8 September 2022)
    Ratu Elizabeth II meninggal dunia pada usia 96 tahun pada tanggal 8 September 2022, di Kastil Balmoral, Skotlandia. Kematian Ratu Elizabeth II menandai berakhirnya masa pemerintahan yang sangat panjang dalam sejarah Kerajaan Inggris. Ratu Elizabeth II memerintah selama 70 tahun dan dimakamkan di Kapel Memorial Raja George VI di Kastil Windsor.
Baca Juga  Ketegangan di Laut Merah: Houthi Klaim Serang Kapal Israel, Reaksi Inggris dan AS

Peristiwa-peristiwa ini mencerminkan sejumlah momen penting dalam sejarah dunia, dari peningkatan literasi hingga perubahan dalam dunia hiburan dan politik.(des)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *