Pria Tertua di Dunia Meninggal pada Usia 127 Tahun, Sebelum Ulang Tahun ke-128

Pria Tertua di Dunia
Pria Tertua di Dunia

Jakarta – Jose Paulino Gomes, pria asal Brasil yang dianggap sebagai pria tertua di dunia, telah meninggal dunia pada usia 127 tahun, tujuh hari sebelum ulang tahunnya yang ke-128.

Media lokal melaporkan bahwa Gomes meninggal dengan tenang di rumahnya di Corrego del Cafe. Dia meninggalkan tujuh anak, 25 cucu, 42 cicit, dan 11 cicit buyut.

Penyebab kematian Gomes adalah kegagalan multiorgan, yang kemungkinan disebabkan oleh usianya yang sudah sangat tua.

Meskipun merupakan salah satu dari pria tertua di dunia, Gomes masih aktif dan menunggang kuda sampai empat tahun lalu.

Gomes memiliki latar belakang sebagai penjinak hewan dan dikenal sebagai pribadi yang rendah hati dan sederhana. Dia memilih gaya hidup yang menghindari barang-barang konsumsi modern, lebih memilih makanan yang ditanam atau dibesarkan secara lokal. Namun, sesekali ia juga menikmati minuman keras.

Baca Juga  Tragedi Pesawat di Brasil: 12 Orang Tewas dalam Kecelakaan Pesawat Cessna Caravan

Menurut surat nikahnya yang dikeluarkan pada tahun 1917, Gomes dilaporkan lahir pada tanggal 4 Agustus 1895. Tanggal kelahiran ini menandakan bahwa pria tertua di dunia yang baru saja meninggal ini telah mengalami berbagai peristiwa penting dalam sejarah dunia, termasuk bertahan dari Perang Dunia dan tiga pandemi.

Willyan Jose Rodrigues de Souza, penasihat hukum untuk catatan sipil, telah mengonfirmasi bahwa usia Gomes akurat dan menegaskan bahwa ia lahir sebelum tahun 1900. Namun, keluarga Gomes memiliki keraguan terkait usianya karena adanya kasus sebelumnya di mana terjadi kesalahan pencatatan dokumen.

Eliane Ferreira, cucu Gomes, menyebut bahwa ada seorang wanita yang mengklaim mengenal kakeknya sejak kecil, dan bahkan ada keraguan apakah usia Gomes melebihi 100 tahun atau bahkan 110 tahun. Keluarga Gomes berencana untuk memastikan usianya sebelum mengajukan pencatatan akta kematian.

Baca Juga  Presiden Rusia Dukung Proses Politik untuk Negara Palestina yang Damai dengan Israel

Hingga saat ini, belum jelas apakah Guinness World Records akan meninjau dokumen-dokumen yang mendukung Gomes sebagai pria tertua di dunia.

Menurut Rekor Dunia Guinness, Maria Branyas Morer, seorang wanita berusia 116 tahun, dianggap sebagai orang tertua yang masih hidup. Sedangkan pria tertua di dunia menurut Guinness World Records adalah Juan Vicente Perez Mora dari Venezuela, yang berusia 114 tahun.

Jose Paulino Gomes, pria tertua di dunia, meninggal pada hari Jumat (28/7) di Pedra Bonita, Brasil, dan dikebumikan di Pemakaman Corrego dos Fialhos di Pedra Bonita.(des)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *